Sukses

Kamera Mirrorless Panasonic Ini Seukuran Kartu ATM

Kamera terbaru Panasonic ini memiliki desain premium dengan bodi yang terbuat dari magnesium alloy dan dibungkus kulit bertekstur jeruk.

Hadir pertama kali di Jepang pada Oktober 2013, kamera mirrorless Panasonic yang diklaim terkecil di dunia ini akhirnya meluncur di pasar Indonesia. Kamera ini menawarkan desain yang premium dan teknologi terkini.

"Meskipun kecil, kamera ini bukan ditujukan untuk fotografer pemula, tetapi bagi pecinta fotografi yang ingin bereksplorasi dan menginginkan gambar berkualitas tinggi," kata Agung Ariefiandi, Product Marketing Digital Imaging PT Panasonic Gobel Indonesia, Kamis (28/11/2013) di Jakarta.

Kamera terbaru Panasonic dengan seri Lumix DMC-GM1 ini, lanjut Agung, memiliki desain premium dengan bodi yang terbuat dari magnesium alloy dan dibungkus dengan kulit bertekstur jeruk.

Untuk ukurannya sendiri hampir sama dengan kartu ATM, tepatnya memiliki dimensi bodi 98,5 x 54,9 x 30,4 mm, dengan bobot hanya 173 gram (body only) atau 204 gram apabila disandingkan dengan baterai dan kartu memori SD.

"Meski bodinya kecil, GM1 memiliki spesifikasi yang sama dengan kamera mirrorless high-end Panasonic yaitu DMC-GX7. Dilengkapi sensor Live MOS Micro Four Thirds System 16 megapiksel, prosesor gambar Venus Engine, dan ISO 125 - 25.600," terang Agung.

Fitur

Agung menyebut, fitur-fitur yang ada pada kamera terbaru ini juga sama dengan DMC-GX7. Antara lain adalah control AF system untuk akurasi pemfokusan gambar, creative control mode dengan 22 efek filter, dan juga bisa merekam video full HD.

"Yang membedakannya dengan DMC-GX7 adalah GM1 tidak memiliki jendela bidik elektronik, layar LCD bukan model titl, tidak ada fitur berbagi foto Near Field Communication (NFC), dan tentunya dari segi ukuran bodi jelas berbeda," papar Agung.

Untuk berbagi file gambar dan video, tambah Agung, GM1 dilengkapi koneksi Wi-Fi yang didukung dengan aplikasi mobile yang bisa diunduh secara gratis di Apple App Store dan Google Play Store. "Dengan koneksi wireless tersebut, pengguna bisa menjadikan smartphone miliknya sebagai shutter remote atau berbagi foto ke situs jejaring sosial," tambahnya lagi.

Untuk ketersediaan produk, GM1 akan tersedia di pasaran mulai Desember 2013, dengan kisaran harga Rp 8 - 9 juta yang dipaket lensa 12 - 32 mm. "Selain lensa bawaan, pengguna juga dapat memakai lensa Micro Four Thirds lainnya. Dari mulai lensa model pancake, 3D, ultra wide hingga super zoom. Totalnya ada 21 jenis lensa," tutup Agung. (isk/dew)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.