Sukses

4 Tips Mengamankan Windows Phone Dari Malware

Ada 4 langkah mudah untuk mengamankan perangkat Windows Phone dari serangan malware ataupun penyalahgunaan oleh orang lain.

Microsoft mengklaim bahwa kini sistem operasi mobile besutannya, Windows Phone, telah menempati posisi ketiga di bawah iOS dan Android. Eksistensi produk Windows Phone yang didominasi oleh brand Nokia seri Lumia memang diakui telah mampu menggeser BlackBerry di pasar perangkat mobile.

Terlebih kini Nokia juga merilis beberapa produk seri Lumia yang diposisikan bagi segmen menengah ke bawah. Langkah tersebut jelas menjadi salah satu pemicu pesatnya pertumbuhan pengguna sistem operasi Windows Phone.

Dengan semakin besarnya basis pengguna Windows Phone, tak menutup kemungkinan jika sistem operasi milik Microsoft ini mulai diincar oleh para pelaku cybercrime. Layaknya Android, Windows Phone juga memiliki kecenderungan untuk menjadi sasaran empuk bagi jutaan malware yang kini beredar.

Nah, untuk melindungi perangkat Windows Phone Anda, ada 4 langkah mudah untuk mengamankannya baik dari serangan malware ataupun penyalahgunaan oleh orang lain. Untuk lebih jelasnya, simak baik-baik 4 tips berikut:


1. Aktifkan password

Mengaktifkan password pada lock screen perangkat Anda adalah sebuah prosedur standar yang umumnya dilakukan oleh hampir seluruh pemilik perangkat pintar.

Meski masih terdapat kemungkinan adanya celah keamanan, setidaknya mengaktifkan password akan sedikit memberi Anda rasa aman. Khususnya bagi Anda yang kerap menyimpan konten-konten privasi di dalam handset.

Untuk mengaktifkan password lock screen di platform Windows Phone, Anda hanya perlu mengakses Setting > Lock Screen > aktifkan password > masukkan kata sandi > kembali masukkan kata sandi yang sama > selesai.


2. Aktifkan fitur Kids Corner

Platform Windows Phone memiliki suatu fitur keamanan yang sangat menarik, yaitu Kids Corner. Fitur ini bisa Anda manfaatkan untuk melindungi berbagai konten penting Anda di dalam perangkat dari anak-anak.

Seperti yang diketahui, seorang anak kecil pastinya memiliki rasa ingin tahu yang sangat besar. Tak jarang seorang anak membuka dan mengakses berbagai hal dari handset milik orangtuanya. Dengan mengaktifkan fitur Kids Corner, sang anak dipastikan tidak akan bisa mengakses konten-konten yang telah Anda lindungi di dalam perangkat.

Mengaktifkannya Anda hanya cukup mengakses Setting > Apps List > Kid's Corner > Continue > pilih item yang ingin diamankan > selesai.


3. Aktifkan layanan Find My Phone

Selain Kids Corner, Microsoft juga menyediakan layanan Find My Phone agar Anda dapat menemukan kembali ponsel pintar Anda yang hilang karena tertinggal atau dicuri.

Dengan mengaktifkan fitur Find My Phone, Anda dapat mendeteksi posisi smartphone Anda dan menemukannya kembali dengan mudah.

Anda hanya perlu mengakses App List > Setting > Find My Phone. Patut diingat sebelum melakukan pendeteksian handset yang hilang, Anda diharuskan memiliki akun Microsoft. Sebab, notifikasi akan dikirimlan via akun email Microsoft.


4. Update software 

Serupa dengan prosedur keamanan perangkat komputasi lainnya, Anda juga harus terus meg-update software apapun yang digunakan. Hal tersebut untuk meminimalisir serangan malware sampai dengan perbaikan bug yang ada.

Cara melakukan update secara manual adalah dengan mengakses Apps List > Setting > Check for Updates.

Selain mengantisipasi malware dan bug, pembaruan software secara teratur juga akan membuat performa perangkat Anda menjadi lebih baik. (dhi)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini