Sukses

Ultah Marinir Wanita Sang Jenius Komputer Dirayakan di Google

Google secara khusus memperingati hari ulang tahun ke-107 seorang tokoh wanita bernama Grace Hopper lewat tampilan Doodle-nya.

Hari ini, Senin (9/12/2013), Google secara khusus memperingati hari ulang tahun ke-107 seorang tokoh wanita bernama Grace Hopper lewat tampilan Doodle-nya di laman utama mesin pencari.

Mungkin tak banyak dari Anda yang mengenal sosok Grace Hopper. Hopper ada seorang Laksamana Angkatan Laut Amerika Serikat yang juga memiliki kemampuan luar biasa di bidang komputer, khususnya di sektor bahasa pemrograman.

Wanita kelahiran 9 Desember 1906 asal New York City ini adalah pelopor dari bahasa pemrograman komputer modern COBOL yang diciptakan pada 1959. COBOL sendiri merupakan singkatan dari 'Common Business Oriented Language', atau bahasa pemrograman generasi ketiga di dunia komputasi.

Bahasa pemrograman COBOL dioptimalisasi untuk menyelesaikan berbagai kebutuhan komputasi yang berhubungan dengan perdagangan, sistem pengelolaan keuangan, serta laporan pengeluaran sebuah perusahaan.

Di sisi lain, Hopper adalah seorang marinir papan atas di sejarah Angkatan Laut AS. Karirnya di Angkatan Laut berkembang pesat seiring kecerdasannya di bidang komputer dan ilmu pasti. Ia juga memiliki andil pada Perang Dunia II. Saat itu, atau tepatnya di tahun 1943, bahkan ia sudah memiliki gelar Ph.D di bidang matematika dari Yale University.

Hal ini ini pula yang membuatnya dianugerahi pangkat Laksamana yang setara dengan pangkat Jenderal di penghujung karirnya di Angkatan Laut.

Grace Hopper meninggal pada 1 Januari 1992 di Virginia, AS, dalam usia 85 tahun. Sebagai penghormatan di dunia komputasi, nama Hopper diabadikan untuk kode nama superkomputer milik NERSC (National Energy Research Scientific Computing Center) dan ruangan di Chalmers University of Technology di Gothenburg, Swedia. (dhi)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini