Sukses

Analis: PlayStation 4 Lebih Laku Dibanding Xbox One

Patcher mencatat konsol PS4 telah terjual sebanyak 1,25 juta unit di wilayah Amerika Serikat dan Kanada di bulan November kemarin.

Setelah keduanya beredar di pasaran, perang konsol game generasi terbaru mulai menjalar ke ranah bisnis investasi. Baik Sony dengan PlayStation 4-nya maupun Microsoft dengan Xbox One, keduanya saling klaim bahwa masing-masing produk besutannya menjadi yang terlaku di pasaran guna menarik minat investor.

Namun kali ini Sony yang mendapat keuntungan. Seorang analis ahli bernama Michael Patcher dari perusahaan riset Wedbush Securities merilis sebuah investor note untuk akhir tahun 2013, dan isinya menyatakan bahwa konsol PS4 lebih diminati pasar dibanding Xbox One.

Menurut yang dilansir laman VG247, Rabu (11/12/2013), Patcher mencatat bahwa menurut hasil riset dan penghitungannya, konsol PS4 telah terjual sebanyak 1,25 juta unit di wilayah Amerika Serikat dan Kanada pada bulan November kemarin, sementara Xbox One hanya terjual 750 ribu unit.

Meski begitu, perlu diingat bahwa PS4 hadir terlebih dahulu di Amerika Serikat dan Kanada pada 15 November 2013. Dengan kata lain, konsol milik Sony itu memiliki waktu lebih banyak untuk terjual dibandingkan dengan Xbox One yang baru meluncur seminggu kemudian, tepatnya tanggal 22 November 2013.

Sony klaim PS4 unggul di Spanyol
Di sisi lain, pihak Sony juga mengklaim bahwa konsol PS4 miliknya jauh lebih laku ketimbang Xbox One. CEO Sony PlayStation regional Spanyol dan Portugal James Armstrong menyatakan, penjualan PS4 di Spanyol telah berhasil mengalahkan penjualan Xbox One secara signifikan.

Ia menyebutkan PS4 telah terjual sebanyak 80 ribu unit di Spanyol sejak dirilis di Eropa 29 November kemarin. Jumlah tersebut diperkirakan Amstrong 3 kali lebih banyak dibandingkan penjualan Xbox One di Spanyol.

Amstrong pun menambahkan bahwa kini masih ada sekitar 10 samapai 15 ribu pre order yang belum terpenuhi. Pihaknya berjanji akan berusaha memenuhi permintaan tersebut sebelum perayaan hari raya natal. (dhi)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.