Sukses

[VIDEO] Google Glass Juga Bisa Kontrol Peralatan Rumah

Tim mahasiswa melakukan eksperimen dengan memodifikasi kacamata cerdas Google Glass untuk mengendalikan sejumlah peralatan rumah tangga.

Tim mahasiswa dari University of california, Berkeley melakukan eksperimen dengan memodifikasi kacamata cerdas Google Glass untuk mengendalikan sejumlah peralatan rumah tangga.

Menurut yang dilansir Engadget, Kamis (12/12/2013), eksperimen itu dilakukan di laboratorium CITRIS. Dengan menanamkan alat sinyal infrared (IR) di sisi Google Glass, mereka berhasil memperagakan fungsinya sebagai remote control untuk berbagai peralatan rumah tangga.

Dalam video berdurasi 1 menit 47 detik ini mereka menghubungkan peralatan rumah tangga melalui sinyal radio WiFi Xbee 802.15.4 dan sebuah microcontroller. Dan yang menarik, kontrol untuk setup-nya pun sangat sederhana.

Pengguna hanya cukup mengenakan Google Glass dan melihat ke arah peralatan rumah tangga yang akan dikendalikan dan kemudian mengaktifkannya dengan cara menyentuh panel yang ada di bagian kanan kacamata pintar ini.

Lalu bagaimana jika banyak peralatan yang akan dikendalikan berdekatan dengan peralatan lainnya? Para mahasiswa tersebut ternyata sudah menemukan solusinya. Mereka merancang sebuah tampilan agar bisa melihat peralatan apa saja yang bisa dikendalikan.

Sebelumnya dokter bedah di Rumah Sakit Dutch Radboud University, Belanda, juga sudah berhasil menggunakan Google Glass untuk merekam proses operasi dengan tampilan yang lebih jelas ketimbang kamera observasi. 

Mmm, canggih bukan? Namun tentunya hal ini masih berupa eksperimen dan masih terlalu dini untuk bisa digunakan di mana saja. Untuk lebih jelasnya, silahkan lihat video di bawah ini. (isk/dew)


Baca juga:
[VIDEO] Sensasi Kamera DSLR di Nokia Lumia 1020 `41 MP`
[VIDEO] Samsung Galaxy J Tak Akan Pakai Material Plastik?
[VIDEO] Inovatif, Casing Smartphone Ini Dilengkapi Air Bag
[VIDEO] Compact Disc Bereinkarnasi Jadi Lumia 1520
[VIDEO] 3 Juta Pengunjung YouTube Tonton Kecelakaan Paul Walker

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini