by Iskandar

Dengan QR code, Tukang Bakso Bisa Punya Layanan Mobile Payment

  • Gadget
  • 1
  • 17 Des 2013 16:30
Seperti diketahui, Electronic Data Capture (EDC) merupakan perangkat pembayaran transaksi kartu debit dan kartu kredit. Namun sayangnya layanan tersebut tidak bisa dinikmati semua pelaku usaha.

Mereka yang bisa mempunyai mesin EDC wajib memiliki badan usaha dan itupun harus melalui mekanisme dan persyaratan tertentu yang cukup ketat dari pihak perbankan.

Untuk itu PT Inti Prima Mandiri Utama atau yang lebih dikenal dengan iPaymu meluncurkan mobile payment berbasis Quick Respone Code (QR code).

"Tak semua pelaku usaha, khususnya UKM, bisa memiliki EDC. Untuk itu kami menghadirkan layanan mobile payment berbasis QR code agar  semua orang bisa menikmati pembayaran secara online," kata Chief Technology Officer iPaymu, Riyeke Ustadianto, Selasa (17/12/2013) di Jakarta.

Layanan ini, Lanjut Riyeke, menjadi media transaksi alternatif EDC. "Saat ini pelaku UKM dan pedagang kaki lima, seperti tukang bakso dan tukang sayur, jangan pernah mimpi memiliki EDC untuk memudahkan transaksi. Namun dengan mobile payment ini semua bisa menikmati transaksi cashless," tambah Riyeke.

Ia menjelaskan, cara penggunaan aplikasi ini cukup mudah. "Pengguna hanya perlu mengunduh aplikasi iPaymu Mobile Transaction di ponsel berbasis Android. Ketika akan melakukan transaksi, pembeli cukup masuk ke aplikasi tersebut dan selanjutnya hadapkan ponsel ke QR code yang dipasang oleh penjual," tambahnya lagi.

Untuk mendapatkan QR code, terang Riyeke, penjual yang sudah menjadi member iPaymu cukup mendaftarkan produk atau jasanya di website iPaymu. Selanjutnya penjual bisa langsung mendapatkan QR code yang berisi harga dan jenis produk yang akan ditawarkan kepada pembeli.

"QR code yang didapat bisa dicetak oleh penjual. Jadi penjual bakso bisa menempelkannya di gerobak. Ketika ada pembeli yang ingin membayar, cukup verifikasi QR code itu melalui ponsel dan masukkan pin. Notifikasinya pun akan terkirim secara real-time," paparnya.

Namun sayangnya, aplikasi iPaymu Mobile Transaction untuk sementara ini baru tersedia untuk perangkat Android. "Dalam waktu dekat ini kami pasti akan meluncurkan aplikasi untuk perangkat iOS dan platform mobile lainnya," tukas Riyeke.

Saat ini iPaymu sudah memiliki 18 ribu member dan menjalin kerjasama dengan 21 ribu anjungan tunai mandiri (ATM) Bersama, Link, Prima, dan Meps sehingga pengguna bisa melakukan transaksi online dengan 137 bank nasional. (isk)
Comments
Sign in to post a comment
  • rahmansunandi

    Klik disini https://my.ipaymu.com?rid=rahmansunandi untuk pendaftaran