Sukses

Juni: Belum Rilis, Rumor BBM Lintas Platform Kian Berhembus

Rumor terkait tanggal perilisan BBM lintas platform kian berhembus. Namun ujung-ujungnya, pihak BlackBerry menampik rumor tersebut.

Melalui akun Twitter resminya, operator T-Mobile Inggris menyatakan bahwa layanan pesan instan BlackBerry Messenger (BBM)) akan mendarat di Android dan iOS pada 27 Juni. Sontak, informasi itu disambut hangat oleh para pengguna smartphone Android dan iOS.

Namun pihak BlackBerry segera menampik rumor tersebut. “Tanggal rilis itu benar-benar tidak akurat. Kami tidak pernah menginformasikan tanggal rilis BBM untuk Android dan iOS,” ujar juru bicara BlackBerry, seperti dikutip dari Cnet.

Perwakilan BlackBerry di Indonesia pun turut membantah kabar itu. "BBM di perangkat Android dan iOS tidak benar akan dirilis pada 27 Juni. Karena fitur ini baru bisa diunduh mulai musim panas (bulan Juni - September 2013)," kata Masipoyono Handoyo, Managing Director BlackBerry Indonesia saat peluncuran resmi BlackBerry Q10 di Bandung.


Dianggap 'Aksi Bunuh Diri'



Pun demikian, keputusan BlackBerry untuk menghadirkan aplikasi BBM lintas platform, banyak yang menganggap sebagai ‘aksi bunuh diri’. Pasalnya, kehadiran BBM di Android atau iOS diduga akan mengurangi penjualan perangkat BlackBerry.

Phone Arena bahkan memprediksi bahwa perangkat BlackBerry akan ditinggalkan. Terlebih ekosistem BlackBerry jauh lebih 'sempit' ketimbang Android atau iOS. Hadirnya BBM di Android dan iOS juga diduga malah akan 'memperluas' ekosistem kedua sistem operasi milik Google dan iOS tersebut.

Namun, BlackBerry melihatnya dari ‘kacamata’ berbeda. Perusahaan asal Kanada ini memutuskan untuk menghadirkan aplikasi unggulannya pada perangkat iOS dan Android sebagai bagian dari strategi BlackBerry, dan bukan sebagai langkah putus asa.


Akun @bbworldwid Bikin Heboh

Tak hanya operator selular yang berkicau di Twitter terkait tanggal rilis BBM. Informasi tersebut juga muncul dari akun @bbworldwid, dengan mengungkap tanggal rilis yang sama. Bahkan, akun itu menampilkan foto aplikasi BBM di perangkat iPhone sehingga membuat rumor semakin kuat.

Ketika mengumumkan aplikasi BBM untuk Android dan iOS, Thorseten Heins yang kala itu menjabat sebagai CEO BlackBerry, menyatakan aplikasi itu akan muncul pada musim panas tahun ini. Seperti yang diketahui, tanggal 27 Juni memang sudah memasuki musim panas di Amerika Serikat, sehingga banyak yang mengatakan rumor ini sesuai dengan janji Heins.

Akan tetapi, meskipun rumor ini terlihat sesuai dengan janji Heins, tetap saja masih perlu diverifikasi kembali. Sebab, akun @bbworldwid ternyata bukan akun resmi milik BlackBerry.


Hadir di Android Secara Pra-instal?



Rumor seputar perilisan BBM juga diramaikan dengan pemberitaan Soal BBM akan langsung terpasang (pra-instal) pada smartphone Android. Menurut Digital Trends, BBM sedang diupayakan untuk dapat langsung terpasang di smartphone Android layaknya handset BlackBerry.

Dalam hal ini disebutkan akan ada produsen handset dan platform lain yang berminat untuk menyertakan aplikasi BBM secara pra-instal pada perangkat mereka. Sayangnya BlackBerry tidak mengungkapkan siapa produsen yang dimaksud.

Dan akhirnya, BlackBerry mengumumkan secara resmi bahwa BBM akan melakukan pra-instal pada beberapa ponsel Android terjangkau. CrackBerry melaporkan, ponsel Android yang dibuat oleh OEM seperti Be, Brighstar, Celkon, EVERCROSS, IMO, Micromax, Mito, Snexian, Spice, TECNO, Tiphone, dan Zen akan hadir dengan BBM pra-instal di sejumlah negara Afrika, India, Indonesia, Amerika Latin, dan Timur Tengah. (isk)


Baca juga: 
Mei: Aplikasi BBM Lintas Platform Hebohkan Dunia Teknologi
6 Smartphone 'Berkamera Cadas' Yang Meluncur di Tahun 2013
Lenovo Tutup Tahun 2013 dengan Ultrabook Premium

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini