Sukses

Canggih, Alat Ini Bisa Baca Pikiran dan Terjemahkan Bahasa Hewan

Memanfatkan teknologi pemindai otak, sebuah headset yang bernama No More Woof ini diklaim dapat menerjemahkan 'gonggongan' anjing.

Anda penyayang hewan peliharaan, khususnya anjing? Meskipun selama ini Anda merasa sangat dekat dengan hewan peliharaan Anda, namun tetap saja ada kesenjangan antara manusia dan hewan karena dibatasi oleh bahasa.

Tapi sebentar lagi masalah itu akan lenyap, sehingga Anda tahu apa yang sedang ada dipikiran hewan peliharaan Anda. Kok bisa? Memanfaatkan teknologi pemindai otak (brain-scanning), sebuah headset yang bernama No More Woof ini diklaim dapat mendeteksi pola pikir anjing, menganalisis serta menerjemahkan suara 'gonggongan' anjing ke dalam bahasa manusia.

Alat ini sedang dikembangkan oleh sekelompok peneliti dari Swedia 'Nordic Society for Invention and Discovery (NCID)'. Beberapa rangkaian kata yang berhasil diidentifikasikan oleh NCID adalah "Ini begitu indah!', 'Tinggalkan aku sendiri', 'Aku sangat lelah', 'Siapa kamu?' dan 'Mengapa kalian pergi?"

"Proses pengembangan alat ini benar-benar tidak rumit karena kami menggunakan teknologi yang sudah ada. Kami hanya memodifikasinya untuk menciptakan sebuah inovasi baru," kata salah satu peneliti NCID, Eric Calderon, seperti dikutip dari Mail Online, Minggu (22/12/2013).

Sebuah sensor perekam Electroencephalography (EEG), lanjut Calderon, akan mencatat aktivitas gelombang yang dihasilkan dari arus ion yang mengalir di otak anjing. "Catatan tersebut kemudian diambil oleh mikro komputer Rasberry Pi, dan selanjutnya menerjemahkan gonggongan anjing ke bahasa kita," paparnya.

Namun sayang, Calderon menegaskan kalau No More Woof belum akan dijual ke pasaran karena masih berupa prototipe. Meskipun demikian, perangkat cerdas ini akan tetap dikembangkan secara maksimal.

Sebelumnya NCID berhasil merancang beberapa produk konsep. Di antaranya iRock yaitu kursi goyang yang bisa mengisi baterai iPad, Fly Lamp berupa lampu melayang yang bisa mengikuti Anda di dalam ruangan, dan Nebula yakni sebuah generator cloud dalam ruangan. (isk)


Baca juga:
[VIDEO] Kreatif, Mobil ini Dibuat dari Susunan Lego
Perokok Berat Wajib Hisap Rokok Elektronik Cerdas Ini
Canggih, Vacumm Cleaner Bisa Isi Baterai Ponsel






* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini