Sukses

Akses Rooting CyanogenMod Capai 10 Juta Pengguna

Menurut laporan, kini custom ROM Android CyanogenMod telah digunakan di lebih dari 10 juta perangkat Android.

Pengguna perangkat Android pastinya sudah tak asing lagi dengan nama CyanogenMod. Ya, komunitas penghasil Custom ROM Android yang menyediakan akses rooting terpopuler di dunia itu memang semakin digandrungi sejak pertama kali hadir di tahun 2008 silam.

Tak sedikit para pengguna yang memanfaatkan CyanogenMod untuk meningkatkan kemampuan perangkat Androidnya. Bahkan, menurut laporan yang dilansir laman Android Police, Senin (23/12/2013), kini custom ROM CyanogenMod telah digunakan di lebih dari 10 juta perangkat Android.

"CyanogenMod baru saja menembus 10 juta pengguna! Sangat mengagumkan," tulis Steve Kondik, Founder CyanogenMod melalui akun Google+ miliknya.

Berdasarkan data terbaru yang dirilis oleh CyanogenMod Statistics, total instalasi resmi custom ROM CyanogenMod mencapai lebih dari 5,4 juta, instalasi tak resmi lebih dari 4,5 juta, dan ada lebih dari 15 ribu instalasi yang menyusul dalam beberapa hari belakangan.



Secara keseluruhan, versi CyanogenMod yang paling banyak diinstal oleh pengguna adalah custom ROM Nigtly-10.1 dengan lebih dari 1,1 juta kali unduh. Sementara untuk perangkat yang paling banyak menggunakan CyanogenMod adalah smartphone lawas Samsung Galaxy S dengan jumlah lebih dari 510.000 perangkat, diikuti Samsung Galaxy S II dan Samsung Galaxy S III.

Kabar ini tentunya membuat Steve Kondik dan kawan-kawan berbahagia. Terlebih mereka pun baru saja secara resmi turut berpartisipasi dalam industri perangkat mobile global setelah berkerjasama dengan produsen asal China Oppo.

Smartphone Oppo N1 yang baru saja dirilis adalah perangkat pertama di dunia yang secara resmi mengusung sistem operasi Android versi CyanogenMod langsung dalam paket penjualannya. (dhi)

Baca juga:
7,9 Juta Pengguna Android Melakukan Rooting
Komunitas Ahli Rooting Bakal Produksi Smartphone Sendiri

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini