Sukses

Optimalkan Spektrum, Indosat Akan Tutup StarOne

PT. Indosat Tbk mengaku akan menutup divisi CDMA StarOne miliknya yang berjalan di spektrum 850 Mhz.

Layanan telekomunikasi berbasis code name multiple-access (CDMA) sepertinya sudah dianggap tak menarik bagi perusahaan operator besar. PT. Indosat Tbk mengaku akan menutup divisi CDMA StarOne miliknya yang berjalan di spektrum 850 Mhz.

Perusahaan operator telekomunikasi itu mengaku penutupan layanan StarOne dan mengalokasikan frekuensinya untuk memperluas jaringan selular miliknya dengan memakai teknologi extended global system for mobile (E-GSM).

"Kami ingin pakai spektrum 850 Mhz StarOne untuk E-GSM di beberapa wilayah yang memang butuh," ungkap Alexander Rusli, CEO Indosat yang ditemui tim Tekno Liputan6.com di Penang Bistro Restaurant, Jakarta.

Namun, Indosat mengaku masih mempertimbangkan cara perpindahan pelanggan StarOne ke layanan selular miliknya. Saat ini, layanan CDMA milik Indosat itu tercatat memiliki sekitar 3 ribu pelanggan yang kebanyakan berada di wilayah Jakarta dan sekitarnya.

Langkah serupa dikabarkan rencananya juga akan dilakukan oleh PT. Telkom Indonesia Tbk dengan layanan Flexi miliknya. Perusahaan itu berencana 'menggusur' sebanyak 11,6 juta pengguna Flexi ke layanan selular di PT. Telkomsel.

Spektrum memang menjadi bagian penting bagi operator selular dalam menggelar layanannya. Terbatasnya spektrum menjadi salah satu kendala yang diakui operator sebagai tantangan dan harus bisa diselesaikan.

Baik Telkom Flexi maupun StarOne memiliki kapasitas pita sebesar 5 Mhz di spektrum 850 Mhz. Penambahan kapasitas sebesar 5 Mhz itu diharapkan bisa bantu operator dalam meningkatkan layanan selular miliknya yang sudah semakin padat.

"Jumlah spektrum kan terbatas itu memang tantangan di industri telekomunikasi. Jadi, kami harus pakai spektrum yang ada secara optimal biar layanan ke pelanggan tetap bagus," tutup Alex. (den/dew)


Baca juga:
Indosat Dukung Penuh Proses Merger XL - Axis
Dianggap Potensial, Operator Asing Siap Serbu Indonesia
Dituding Terlibat Penyadapan Ponsel SBY, Indosat Siap Klarifikasi

*Bagi Anda yang ingin mengetahui hasil ujian CPNS 2013 silakan klik di cpns.liputan6.com





* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.