Sukses

Operator Siapkan Diri Hadapi Lonjakan Natal dan Tahun Baru

Diperkirakan sepanjang liburan panjang Natal dan Tahun Baru akan terjadi lonjakan trafik hingga 5-10% dari trafik normal sehari-hari

Massa liburan menyambut perayaan hari raya Natal dan Tahun Baru (Naru) telah dimulai. Para penyedia layanan telekomunikasi selular mengaku telah menyiapkan diri demi menghadapi peningkatan layanan yang akan terjadi pada saat perayaan Naru.

PT XL Axiata Tbk mengaku telah melakukan kegiatan rutin dalam mempersiapkan diri menjelang massa liburan akhir tahun 2013 ini. Peningkatan kapasitas telepon, sms maupun data diklaim XL telah dilakukan agar bisa melayani pelanggannya dengan baik.

"Seperti halnya Lebaran, biasanya rutin setiap tahun trafik selama liburan panjang akhir tahun, termasuk Natal dan Tahun Baru, selalu meningkat, baik untuk voice, SMS, maupun data. Untuk itu, kami pun sudah mengantisipasinya dengan menyiapkan jaringan sebaik mungkin di seluruh wilayah layanan XL," ungkap Ongki Kurniawan, Direktur Service Management XL dalam keterangan resminya.

Ongki juga menjelaskan teknologi MSC pool dan SGSN pool yang digunakan perusahaannya akan mampu menangani lonjakan trafik pada musim liburan akhir tahun maupun dalam keramaian perayaan Naru.

Saat ini XL mencatat setiap harinya melayani trafik percakapan hingga 545 juta menit perharinya. Sementara untuk trafik SMS adalah 705 juta SMS, dan trafik data sebesar 250 Terabytes. Diperkirakan sepanjang liburan panjang Natal dan Tahun Baru akan terjadi lonjakan trafik hingga 5-10% dari trafik normal sehari-hari.

Operator lain yang juga mengklaim sudah mempersiapkan diri menghadapi lonjakan layanan komunikasi saat liburan Natal dan Tahun Baru adalah Telkomsel. Perusahaan ini telah meningkatkan kapasitas pelayanannya hingga sebesar 11% dari kapasitas yang dimilikinya pada hari biasa.

"Tahun ini diperkirakan lonjakan terbesar akan terjadi saat malam tahun baru yang utamanya pada layanan data mencapai lebih kurang 16%, sedangkan layanan SMS dan suara diperkirakan mencapai 7-9%, semuanya dibandingkan hari biasa," kata Alex J. Sinaga, Direktur Utama Telkomsel dalam siaran resmi yang Liputan6.com terima.

Telkomsel mengaku telah melakukan upaya peningkatan kualitas layanan dan jaringan dengan mengidentifikasi sekitar lebih dari 550 titik-titik keramaian di beberapa lokasi utama yang kerap dikunjungi masyarakat pada musim liburan.

Telkomsel juga mengaku telah meluncurkan 400 Compact Mobile BTS (COMBAT) untuk menjamin kualitas jaringan agar layanannya tetap prima. Operator ini juga menugaskan hampir 100 orang yang tergabung dalam Satgas khusus untuk mengawal layanan Telkomsel di momen Naru. (den/dhi)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.