Sukses

September: Jadwal Rilis BBM Android-iPhone Bikin Heboh

Di bulan September, BlackBerry akhirnya mengungkap waktu peluncuran BBM untuk Android dan iOS. Kabar ini membuat heboh banyak orang.

Sejak BlackBerry mengumumkan akan melepas aplikasi chatting BlackBerry Messenger (BBM) untuk sistem operasi Android dan iOS, berita seputar BBM untuk Android dan iOS terus dinanti-nanti banyak orang. Wajar saja, sebab Android dan iOS adalah dua platform yang memiliki basis pengguna banyak.

Pada bulan September 2013, Penantian itupun akhirnya terjawab sudah. BlackBerry pun akhirnya mengungkap waktu peluncuran BBM untuk Android dan iOS.

BlackBerry secara resmi memperkenalkan aplikasi BBM lintas platform pada 19 September 2013 di beberapa negara termasuk Indonesia. Tak perlu menunggu lama setelah diperkenalkan, aplikasi BBM lintas platform diklaim akan tersedia di Google Play Store mulai 21 September dan 22 September 2013 di Apple App Store.

Di acara peluncuran BBM untuk Android dan iPhone, Managing Director BlackBerry Indonesia Maspiyono Handoyo juga telah memberikan konfirmasinya bahwa pengguna Android di Indonesia bisa mendownload aplikasi BBM mulai Sabtu, 21 September 2013 pukul 18.00 WIB di Google Play Store. Untuk iPhone, BBM bisa diunduh mulai Minggu, 22 September 2013 pukul 00.01 WIB melalui Apple App Store.

Selain men-downloadnya dari toko aplikasi Google Play dan App Store, pengguna smartphone juga bisa mendapatkan aplikasi itu melalui situs resmi BlackBerry di www.BBM.com.

BBM akan tersedia gratis untuk pengguna Android versi 4.0 Ice Cream Sandwich ke atas dan iOS versi 6.0 ke atas. Kehadiran aplikasi BBM lintas platform ini memungkinkan Anda bisa melakukan chatting dengan pengguna platform ponsel yang berbeda. Sebelumnya BBM hanya tersedia eksklusif di smartphone BlackBerry saja.

Kabar kehadiran BBM lintas platform ini pun langsung disambut gembira para pengguna Android dan iOS yang sudah tak sabar mencicipi BBM di perangkat non-BlackBerry.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman


Tak Kunjung Tiba

Hari yang dinanti pun tiba. Banyak pengguna smartphone Android dan iOS yang menunggu-nunggu ketersediaan BBM. BlackBerry rencananya akan merilis BBM untuk Android terlebih dulu, baru kemudian iOS.

Namun hingga waktu yang dijanjikan Sabtu (21/9/2013) pukul 18.00 WIB, BBM belum juga menampakkan diri. Menurut pantauan tim Tekno Liputan6.com di Google Play Store, aplikasi resmi BBM Android belum juga terlihat.

Selain itu, BlackBerry juga belum memberikan jawaban mengenai Personal Identification Number via email. Karena BlackBerry sebelumnya mengatakan akan mengirim notifikasi jika BBM sudah tersedia dan sudah bisa diunduh di Play Store. PIN juga disebut akan dikirim via email.

Dan nyatanya BBM justru lebih hadir lebih dulu di Apple App Store ketimbang Google Play Store, tidak seperti yang dijanjikan semula.

Akun resmi BBM di Twitter kemudian mengaku kalau aplikasi itu memang masih dalam 'perjalanan'. Tentu saja keterlambatan ini menjadi bahan keluhan di dunia maya. Di forum dalam laman CrackBerry misalnya, BlackBerry disebut memang memiliki kebiasaan untuk 'ngaret' alias telat.

Di jejaring sosial Twitter BlackBerry malah menjadi bahan bully. Ada yang menyebut BlackBerry melakukan lelucon April Mop di bulan September. Ada juga yang disertai guyonan menunggu BlackBerry seperti menunggu "hilal Idul Fitri".

3 dari 5 halaman


Peluncuran BBM Ditunda

BlackBerry Messenger rencananya merilis layanan chat BlackBerry Messenger untuk Android dan iOS kemarin. Tapi secara resmi BlackBerry menunda peluncuran aplikasi BBM ke dua platform non-BlackBerry itu.

BlackBerry mengumumkan penundaan peluncuran aplikasi BBM ke Android dan iOS. Alasannya, jumlah aplikasi yang bocor sebelum peluncuran resmi menimbulkan masalah.

"Lebih dari 1,1 juta pengguna aktif tanpa peluncuran resmi aplikasi di Android memang luar biasa. Konsekuensinya, versi yang tak dirilis (resmi) itu menimbulkan sejumlah masalah yang berusaha kami atasi," tulis BlackBerry di pernyataan resminya.

Aplikasi BBM sendiri sempat singgah di App Store dan bisa diunduh oleh pengguna iPhone di Indonesia Sabtu dini hari. Banyak juga pengguna Android di Indonesia yang sudah mengunduh via apk yang bocor di banyak forum developer.
4 dari 5 halaman


Alasan BBM Ditunda

BlackBerry terpaksa menunda peluncuran aplikasi BlackBerry Messenger (BBM) lintas platform yang semula direncanakan akan dirilis pada akhir September 2013. Perusahaan asal Kanada itu pun mengungkapkan alasannya.

Menurut Head of BBM di BlackBerry Andrew Bocking, penundaan dilakukan karena melonjaknya trafik download aplikasi BBM untuk Android. Namun aplikasi BBM tersebut bukanlah aplikasi resmi yang dirilis BlackBerry.

Aplikasi BBM tidak resmi itu menyebar di berbagai situs file sharing. Akibatnya, volume trafik melonjak drastis dari biasanya dan hal ini ternyata berdampak pada sistem BlackBerry.

Masalah ini akhirnya berimbas pada rencana BlackBerry untuk merilis aplikasi BBM Android pada Sabtu lalu. Pihak BlackBerry mengaku tidak bisa memblokir pengguna yang telah mendownload aplikasi tidak resmi itu.

BlackBerry sudah mencoba menangani masalah ini sepanjang hari Sabtu lalu, namun pengguna yang men-download aplikasi tidak resmi itu terus bertambah bahkan hingga angka 1 juta.

Satu-satunya cara untuk mengatasi masalah teknis ini adalah dengan menunda peluncuran aplikasi BBM untuk Android dan iPhone.

Aplikasi BBM untuk iPhone sendiri sudah sempat muncul di toko aplikasi Apple App Store hari minggu dini hari lalu, namun BlackBerry akhirnya juga menarik aplikasi itu.
5 dari 5 halaman


Makin Tak Jelas

Jadi kapan aplikasi BBM untuk Android dan iPhone secara resmi akan tersedia di Google Play Store dan Apple App Store? Sayangnya saat itu pihak BlackBerry belum dapat memastikan waktunya.

"Saya belum dapat memastikan waktu peluncuran BlackBerry Messenger untuk iPhone dan Android akan terwujud minggu ini," papar Andrew Bocking, Head of BBM di BlackBerry melalui blog resmi perusahaan.

Tim BlackBerry menurutnya sedang fokus melakukan penyesuaian sistem untuk memblokir BBM Android tidak resmi. BlackBerry juga akan memperkuat sistemnya untuk menangani skenario semacam ini di masa mendatang. Karena itulah masih dibutuhkan waktu lagi.

Penundaan ini tentu menimbulkan kekecewaan bagi pengguna Android dan iPhone. Mengingat banyak pihak yang penasaran dengan performa BBM saat berjalan di perangkat non BlackBerry. Andrew menghimbau agar pengguna Android dan iPhone tidak mengunduh aplikasi tidak resmi yang banyak beredar akhir-akhir ini.

Dalam sebuah sesi wawancara dengan CNet, Executive Vice President BBM, Andrew Bocking menyebut jika ada lebih dari 2,5 juta orang telah terdaftar untuk mengunduh aplikasi di platform Android dan iOS.

***

Lalu, ada apa di bulan Oktober 2013? Apa yang ramai terjadi di dunia teknologi saat itu? Masihkah tentang BlackBerry? Tunggu tulisan kaleidoskop berikutnya besok, hanya di Tekno Liputan6.com

(dew)


Baca juga:
Agustus: BlackBerry Pastikan BBM Lintas Platform Siap Meluncur
Juli: Pengguna Jadi Korban Smartphone Meledak
Juni: Belum Rilis, Rumor BBM Lintas Platform Kian Berhembus
Mei: Aplikasi BBM Lintas Platform Hebohkan Dunia Teknologi

April: Tragedi Bom Boston Ramaikan Media Sosial
Maret: Perang Smartphone Spesifikasi Tinggi Dimulai
Februari: BlackBerry Coba Bangkit di PasarSmartphone
Yang Heboh di Januari: Bayi Dijual di TokoBagus.com

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini