Sukses

Indonesia Baru Bisa Cicipi Teknologi 4G Dua Tahun Lagi

"Target optimis kita di tahun 2015 4G sudah ada di layanan selular. Tahun depan kita buat aturannya dulu supaya jelas prosedurnya nanti".

Teknologi komunikasi generasi keempat atau biasa dikenal 4G LTE (Long Term Evolution) memang sudah hadir di Indonesia. Namun layanan itu baru bisa dicicipi secara terbatas di Jabodetabek saja. Itupun yang menyediakan bukan dari operator telekomunikasi.

Pemerintah sendiri hingga saat ini masih belum menentukan spektrum berapa yang akan digunakan oleh operator selular untuk menggelar layanan internet berkecepatan tinggi ini secara komersil.

Menteri Kominfo Tifatul Sembiring menyatakan teknologi 4G sudah bisa digelar pada spektrum frekuensi 2,3 Ghz. Para operator yang sebelumnya telah memiliki izin layanan Worldwide Interoperability for Microwave Access (Wimax) di spektrum 2,3 Ghz juga dimungkinkan untuk menggelar layanan 4G.

"Paling siap di frekuensi 2,3 Ghz karena sudah jadi teknologi netral. Kita sudah memberikan izin untuk operator BWA yang mau buka 4G di sana," kata Tifatul di acara jumpa pers akhir tahun di Kantor Kementerian Kominfo, Jumat (27/12/20103).

Di lain sisi mayoritas operator berharap teknologi 4G LTE akan berjalan pada spektrum 1,8 Ghz karena ekosistemnya dinilai sudah lebih matang.

Mengenai kesiapan, menurut Tifatul kemungkinan layanan 4G LTE di operator selular belum bisa direalisasikan tahun depan mengingat aturan terkait penyediaan layanan 4G LTE secara komersil di jaringan selular belum diterbitkan.

Sebelum aturan diterbitkan, pemerintah nantinya akan melakukan uji publik Rancangan Peraturan Menteri (RPM) lebih dulu tentang 4G. Regulasi dari pemerintah dianggap penting karena terkait penentuan frekuensi mana yang akan digunakan untuk menjalankan layanan 4G.

"Target optimis kita di tahun 2015 4G sudah ada di layanan selular. Tahun depan kita buat aturannya dulu supaya jelas prosedurnya nanti," ucap menteri yang akrab disapa Tiff tersebut.

Tifatul juga menambahkan beberapa operator selular besar sudah ada yang melakukan ujicoba jaringan 4G. Namun pemerintah akan menata ulang spektrum frekuensinya lebih dulu untuk dilihat spektrum mana yang paling pas untuk selular.

Jika layanan telekomunikasi 4G sudah tersedia di masyarakat, Indonesia bisa mencicipi akses internet yang diklaim mampu download sampai dengan tingkat 300 Mbps dan upload 75 Mbps. (dew)


Baca juga:
Operator Siap Gelar 4G LTE, Pemerintah Galau Tentukan Spektrum
Mudah dan Murah, Repeater Ilegal Kian Banyak Dipakai
Ganggu Layanan Operator, Kominfo Tertibkan Repeater Ilegal
Aturan Tata Kelola Internet Indonesia Mulai Digodog



* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.