Sukses

Asyiknya Membuat Makanan Dengan Printer 3D

Hebatnya, Foodini dapat membuat pizza dengan sekali cetak. Cara penggunaannya, cukup tekan pilihan menu yang ada pada layar.

Prediksi yang dikemukan oleh tim ilmuwan AsapScience yang menjelaskan bahwa ke depannya sebuah alat cetak tiga dimensi (printer 3D) akan bisa membuat setiap orang menciptakan apa saja lewat perangkat tersebut, sepertinya telah menjadi kenyataan.

Sebuah startup asal Spanyol bernama Natural Machines berhasil menciptakan sebuah printer 3D yang dapat mencetak semua jenis makanan dengan bahan dasar yang biasa ditemukan di dapur. Printer 3D itu dijuluki Foodini, yang menggabungkan teknologi, masakan, seni, dan desain.

"Ini lebih dari sekedar gimmick," kata Lynette Kucsma selaku petinggi Natural Machines, seperti dikutip dari Mail Online, Selasa (31/12/2013). Kucsma yakin bahwa Foodini mampu mempersiapkan makanan dengan baik seperti microwave, namun penyajiannya menyuguhkan pengalaman yang berbeda.   

Hebatnya, Foodini dapat membuat pizza dengan sekali cetak. Cara penggunaannya, cukup tekan pilihan menu yang ada pada layar dan Anda hanya tinggal menunggu dan duduk sambil menyaksikan mesin pencetak itu bekerja.



Selain itu, Foodini juga bisa membuat hamburger dengan sempurna - sanggup meniru cara pembuatan makanan yang terbilang rumit secara bertahap dan hasilnya tampak seperti hamburger yang dibuat oleh tangan manusia secara tradisional.

Printer 3D tersebut dilengkapi dengan wadah besar berbentuk kapsul yang menjadi tempat 'tinta' dari bahan-bahan dasar makanan yang sudah dihaluskan. Seluruh bahan dasar yang dibutuhkan untuk membuat suatu makanan dimasukan ke dalam wadah tersebut, lalu mesin akan mencetak makanan melalui lapisan demi lapisan.

"Keunggulan dari printer 3D rumahan ini adalah dapat membuat makanan dengan bentuk sesuai keinginan, seperti gambar hewan, karakter kartun, atau berupa tulisan," tambah Kucsma.

Untuk ketersediaan produk, Foodini akan dipasarkan pada pertengahan 2014 mendatang, dengan banderol 835 poundsterling atau sekitar Rp 16,8 juta. (isk)  


Baca juga:
Kreatif, Organ Tubuh Ini Dibuat Dari Printer Tiga Dimensi
Hairdryer Ternyata Bisa Berubah Jadi Senjata Mematikan
Dengan Pulpen Ini Anda Bisa Membuat Gambar 3D dengan Mudah



* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini