Sukses

Ini Dia Aplikasi Gratis Paling Banyak Diunduh di Tahun 2013

Snapchat yang terhitung sebagai aplikasi 'kemarin sore' dilaporkan telah menjadi aplikasi populer yang mampu menyaingi para pendahulunya.

Tahun 2013 baru saja berlalu. Lini bisnis aplikasi berkembang dengan pesat di tahun 2013, dan diprediksi akan semakin booming di tahun-tahun mendatang.

Sebagai bukti, saat ini saja sudah ada jutaan aplikasi tersedia di dua toko aplikasi populer Apple AppStore dan Google Play Store. Jumlah tesebut belum termasuk ratusan ribu aplikasi yang berada di toko aplikasi platform lain seperti Windows Phone Store dan BlackBerry World.

Namun tahukah Anda aplikasi tak berbayar, alias gratis apa yang paling banyak di-download (unduh) sepanjang tahun 2013 lalu? Baru-baru ini lembaga riset Nielsen merilis sebuah daftar yang akan mengungkapkan hal itu. Dan hasilnya ternyata cukup mengejutkan.

Mengutip laman Today Daily, Kamis (2/1/2014), di segmen media sosial, Snapchat yang terhitung sebagai aplikasi 'kemarin sore' dilaporkan telah menjadi aplikasi populer yang mampu menyaingi para pendahulunya seperti Facebook, Instagram dan Twitter. Aplikasi berbagi foto itu sukses memimpin daftar aplikasi kategori 'the most downloaded free app of the year'.

Snapchat sendiri di sepanjang tahun 2013 kemarin memang menunjukkan pertumbuhan yang sangat pesat. Bahkan menurut yang dilansir laman All Things D, setiap harinya ada sekitar 400 juta foto yang bergulir di aplikasi berbagi foto ini. Angka ini naik dua kali lipat lebih dibandingkan dengan data yang tercatat pada bulan April 2013, yang hanya sebanyak 150 juta foto per hari.

Beberapa perusahaan besar, di antaranya Facebook dan Google, sempat dikabarkan berusaha mengakusisi Snapchat dengan tebusan yang sangat mahal. Facebook sendiri sempat 'melamar' Snapchat dengan 'mahar' sebesar USD 3 milliar atau setara Rp 34,88 triliun. Namun tawaran tersebut ditolak mentah-mentah oleh pihak Snapchat.

Setelah menolak tawaran Facebook, Snapchat diketahui juga menolak Google. Perusahaan raksasa mesin pencari berbasis internet itu bahkan rela menggelontorkan dana sebesar USD 4 miliar atau setara dengan Rp 46 triliun untuk mendapatkan Snapchat. (dhi)

Baca juga:
Ditawar Rp 34 Triliun, Snapchat Tolak Facebook
Tak Hanya Facebook, Snapchat Juga Tolak Pinangan Google
Bos Instagram Didapuk Jadi COO Snapchat
Gawat, Ibu Ajak Putrinya Topless di Snapchat

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini