Sukses

Berkat Lumia 520, Nokia Kuasai 92% Windows Phone

Pada akhir Desember 2013 Nokia menguasai 92,1% pasar Windows Phone, dan Lumia 520 tercatat menguasai 30% pasar perangkat WP.

Nokia berhasil mendongkrak Windows Phone ke kelas yang cukup layak di pasar smartphone. Berbagai perangkat ponsel pintar dengan label Lumia dari Nokia berhasil menjadi jawara di ranah ponsel berbasis sistem operasi Windows Phone.

Pilihan Nokia untuk memproduksi ponsel dengan harga terjangkau ternyata cukup tepat. Seri Lumia 520 yang dibuat untuk menyasar kelas menengah di negara berkemang kini semakin menguasai pasar Windows Phone (WP) dunia.

Berdasar riset yang dilakukan jaringan iklan untuk Windows Phone, AdDuplex, Lumia 520 tercatat menguasai 30% pasar perangkat WP. Bahkan bila digabung dengan Lumia 521, keduanya menguasai sebesar 34% pasar smartphone WP di seluruh dunia.

Selain laris manis di sejumlah negara berkembang seperti India, smartphone terjangkau ini juga menjadi salah satu yang paling laris di Amerika Serikat. Sedangkan ponsel terbaru Nokia Lumia 1020 saat ini telah berada di peringkat ke-11 dengan jumlah penjualan mencapai 3% di seluruh dunia.

Perusahaan asal Finlandia itu telah meluncurkan Lumia 525 sebagai generasi penerus Lumia 520. Handset yang diperkenalkan pada November 2013 lalu itu mendapatkan beberapa peningkatan dari generasi sebelumnya agar bisa menarik pasar.

Data yang lebih holistik dari ekosistem Windows Phone yang diungkap laman The Next Web, pada akhir Desember 2013 Nokia menguasai 92,1% pasar Windows Phone. Jumlah itu meningkat dari angka 90% yang berhasil diraihnya pada bulan November lalu.

Laporan itu pun menunjukkan bahwa angka penggunaan Windows Phone 8 mulai merangkak naik menjadi 78,3% dari sebelumnya 75,3%. Tren pergeseran ke Windows Phone 8 itu membantu Microsoft agar bisa semakin meninggalkan Windows Phone 7 yang sudah mulai lawas. (den/dew)


Baca juga :
Samsung Hadiahi Pengguna Windows Phone `Kado` Tahun Baru
Sony Siap Luncurkan Smartphone Windows Phone?
`94% Wilayah di Indonesia Sudah Masuk Coverage Selular`
Asus Siapkan Smartphone Dengan Ukuran Layar Beragam

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini