Sukses

SpeedUp Pad 7.85, Tablet Android Kelas Menengah Rasa iPad Mini

SpeedUp Pad 7.85 memiliki ketebalan hanya 7.9 mm yang membuatnya menjadi salah satu tablet Android tertipis sampai saat ini.

Bila kebanyakan tablet Android yang beredar di pasaran hadir dengan ukuran layar 7 ataupun 10 inci, maka kali ini SpeedUp mencoba berinovasi. Sedikit meniru konsep desain iPad Mini besutan Apple, SpeedUp merilis salah satu tablet terbarunya yaitu seri SpeedUp Pad 7.85 inci.

Dibanderol dengan harga yang relatif terjangkau Rp 2,499 juta, Pad 7.85 dibekali kemampuan serta segudang fitur mumpuni layaknya produk tablet kelas premium.

Sebagai contoh, tablet SpeedUp Pad 7.85 secara pabrikan sudah dilengkapi dengan sistem operasi Android Jelly Bean 4.2.1. Selain itu dengan dimensi ketebalan yang hanya 7.9 mm, SpeedUp Pad 7.85 juga merupakan salah satu tablet Android tertipis sampai saat ini.

Untuk lebih lengkapnya simak review tim Tekno Liputan6.com berikut ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman



Desain & Layar

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, SpeedUp Pad 7.85 memiliki ketebalan hanya 7.9 mm dan dimensi layar yang hanya 7.85 inci saja. Untuk sebuah tablet dengan sistem operasi Android, tablet besutan vendor Tanah Air ini merupakan salah satu tablet Android tertipis sampai saat ini.

Dengan layar hampir seluas 8 inci, tablet ini memiliki resolusi 1024 x 768 piksel. Layar yang digunakan juga telah berteknologi panel In-Plane Switching (IPS) sehingga dapat dinikmati dengan baik dari berbagai sudut pandang.

Selain itu, layarnya yang tergolong lebih luas dari jajaran tablet Android lainnya tentu saja terasa lebih nyaman ketika digunakan untuk mengonsumsi berbagai konten hiburan. Layarnya juga telah mendukung navigasi 5 titik sentuh.

Sementara untuk urusan konektivitas, pada tablet ini tidak terdapat terlalu banyak slot. Pada bagian atasnya terdapat dua lubang, yaitu slot microUSB dan audio jack 3,55 mm. Pada bagian kanan terdapat tombol power, volume, back, serta slot micro SD dan kartu SIM.
3 dari 5 halaman



Fitur & Sistem Operasi

SpeedUp Pad 7.85 adalah salah satu tablet yang beredar di Indonesia langsung menggunakan sistem operasi Jelly Bean 4.2.1. Meski saat ini telah beredar upadate sistem operasi Android 4.3 KitKat, namun Jelly Bean tetap memiliki segudang fitur dan antarmuka yang cukup mengakomodasi kebutuhan pengguna.

SpeedUp Pad 7.85 menyediakan dua buah launcher khusus. Launcher pertama adalah SpeedUp Studio yang berisikan aplikasi, musik, game, dan majalah. Launcher kedua adalah launcher standar Android yang telah dikustomisasi oleh pihak SpeedUp.

Di sektor multimedia, berbekal sistem operasi Android Jelly Bean 4.2, tablet ini sudah dapat digunakan untuk memainkan berbagai jenis file musik mulai dari MP3, OGG, FLAC, AAC, dan WMV, serta sejumlah file video seperti MP4, MKV, dan MOV.

Namun sayang, di sektor kamera SpeedUp Pad 7.85 bisa dibilang cukup tertinggal dibandingkan jajaran produk tablet Android lainnya. kamera utamanya hanya beresolusi 2 megapiksel. Hasil jeperetan kamera belakangnya juga kurang baik dari sisi ketajaman serta noise yang dihasilkan.
4 dari 5 halaman



Performa

SpeedUp Pad 7.85 menggunakan chip prosesor besutan Mediatek seri MT8389. Varian dari MT6589 ini menggunakan prosesor quad core Cortex A7 berkecepatan 1,2 GHz dan GPU PowerVR SGX 544 Single Core.

Memori RAM-nya berkapasitas 1 GB dan memori internalnya sebesar 8GB. Namun Anda dapat mengekspansi media penyimpanan berkat tersedianya slot microSD hingga 64 GB. Selain itu, tablet ini pun sudah mendukung penggunaan koneksi internet 3G/HDSPA.

Hasil benchmark yang kami lakukan dengan aplikasi Antutu Bencmark menunjukkan skor 12828 . Hal tersebut menunjukkan bahwa kinerja yang dimiliki oleh tablet ini cukup untuk memainkan game yang ada pada Play Store. Saat digunakan untuk bekerja pun seharusnya cukup baik tanpa adanya lag.

Sedangkan untuk urusan daya tahan baterai, baterai 4000 mAh yang digunakan pada SpeedUp Pad 7.85 tergolong cukup boros layaknya kebanyakan perangkat Android lainnya. Salah satu penyebabnya juga mungkin disebabkan oleh penggunaan prosesor quad core Cortex A7.
5 dari 5 halaman



Simpulan

Dari segi desain dan kualitas layar yang ditawarkan, SpeedUp Pad 7.85 melampui ekspektasi harga yang dipasang yaitu Rp 2 jutaan. Belum lagi penggunaan chipset Mediatek MT8389 yang mampu mendukung kinerja tablet ini dengan baik.

Namun sayang, kelemahan cukup terasa di sektor kamera dan daya tahan baterai yang lemah. Untuk tablet kelas menengah, SpeedUp Pad 7.85 bisa dijadikan pilihan bagi Anda yang memiliki budget yang mencukupi.

Akan tetapi, saat ini sebenarnya masih banyak tablet Android lain yang dibanderol dengan harga lebih murah, namun memiliki kinerja yang tak jauh berbeda.

Kelebihan:
- Desain apik
- Kualitas layar cukup baik
- Kinerja mumpuni

Kekurangan:
- Resolusi kamera sangat rendah
- Baterai boros

 (dhi)

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.