Sukses

Jakarta Dikepung Banjir, Operator Telekomunikasi Siaga

Operator telekomunikasi sedang menyiapkan langkah antisipasi atas segala kemungkinan buruk yang terjadi akibat cuaca di sekitar Jakarta.

Hujan deras mengguyur Jakarta dan sekitarnya sejak Minggu kemarin. Banjir pun tak terelakkan. Air mulai menggenangi beberapa wilayah yang terguyur hujan.

Meskipun hujan deras turun dalam waktu yang panjang, operator penyedia layanan komunikasi mengaku layanan telekomunikasi mereka masih relatif aman. Adrian Prasanto, Head ‎Division Head Public Relations PT Indosat Tbk mengklaim layanannya masih berjalan normal.

"So far aman, saat ini kami masih mengecek kondisi di lapangan. Perkembangannya akan diinformasikan lagi dengan segera," tutur Turina Farouk, Vice President Communication PT XL Axiata Tbk yang dihubungi tim Tekno Liputan6.com, Senin (13/1/2014).

Hal senada juga diungkap oleh VP Corporate Communications PT Telkomsel Tbk, Adita Irawati. "Sementara ini semuanya masih aman," ungkap Adita yang dihubungi Tim Tekno Liputan6.com melalui layanan pesan instan.

Namun, kondisi banjir tak menutup kemungkinan mengganggu layanan telekomunikasi yang disediakan operator. Gangguan layanan selular mungkin terjadi bila banjir menggenangi shelter base transceiver station (BTS) milik operator.

"Kalau ada banjir yang menggenangi shelter BTS kemungkinan akan ada gangguan. Sebab BTS akan mati kalau shelter-nya tergenang," kata Ciba Gangga selaku Head of Public Relation Smartfren.

Semua operator yang dihubungi tim Tekno Liputan6.com mengaku sedang menyiapkan langkah antisipasi atas segala kemungkinan buruk yang bisa saja terjadi akibat cuaca di sekitar Jakarta.

"Kami sedang rapat kordinasi untuk mengantisipasi situasi yang mungkin terjadi di lapangan," papar Turina.

"Tim field operation dan engineer siaga setiap saat mengontrol BTS dan kondisi layanan yang kami sediakan, Mas," kata Ciba lagi. (den/dew)


Baca juga : 
#Banjir Sibukkan Lini Massa Twitter
Foto-foto Jakarta Banjir Ramaikan Twitter
Tak Ingin Terjebak Banjir? Pantau Akun-akun Twitter Ini

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini