Sukses

Ingin Buat Alat Rumah Tangga Pintar, Google `Caplok` Nest Labs

Dengan akuisisi ini pendiri Nest Labs Tony Fadell bersama dengan sejumlah engineers dan desainer berbakat akan bergabung dengan Google.

Google baru saja mengumumkan telah mengakuisisi perusahaan pembuat peralatan rumah tangga pintar yaitu Nest Labs sebesar US$ 3,2 milyar atau sekitar Rp 38,5 trilyun secara tunai. Seperti yang diketahui, Nest Labs merupakan perusahaan pembuat alarm asap dan alat pengatur suhu.

Tujuan utama Google membeli Nest Labs tak lain adalah untuk menghadirkan teknologi peralatan rumah tangga pintar yang terintegrasi dengan teknologi yang dimiliki Google saat ini.

"Otomatisasi rumah adalah salah satu peluang yang besar ketika kita berbicara tentang internet dan koneksi. Akuisisi ini adalah strategi yang berkaitan dengan hal tersebut," kata Shyam Patil, analis dari Wedbush, seperti dikutip dari Reuters, Rabu (15/1/2013).

Salah satu produk Nest yang paling populer adalah Nest Learning Thermostat yaitu sebuah alat yang mampu mengetahui dan mengontrol suhu ruangan di dalam rumah secara otomatis.

Dengan akuisisi ini pendiri Nest Labs Tony Fadell bersama dengan sejumlah engineers dan desainer berbakat akan bergabung dengan Google untuk mengekspansi pasar baru, yang mengandalkan akses internet berkecepatan tinggi.

Meskipun demikian Google masih harus berjuang keras untuk menciptakan produk hardware yang beresonansi dengan konsumen seperti apa yang dilakukan oleh Apple.

“Sekarang semua bisa membeli Thermostat dan alarm asap yang bisa menjaga keluarga Anda tetap aman. Kami sangat senang memberikan pengalaman baru ke lebih banyak rumah di berbagai negara dan mewujudkan mimpi mereka,” ujar CEO Google Larry Page

Sebelumnya perusahaan pencarian terbesar di dunia ini telah mencaplok Motorola dengan nilai akuisisi sebesar US$ 12,5 milyar atau sekitar Rp 150,6 trilyun pada tahun 2012.

Belum lama ini Google juga telah membeli tujuh perusahaan teknologi yang masing-masing mengkhususkan diri dalam pengembangan teknologi robotika dan sistem otomatis. (isk)


Baca juga:
2015, Pangsa Pasar Robot Akan Naik Dua Kali Lipat
Canggih, Semua Peralatan Rumah Bisa Dikontrol via Pesan Singkat
Unik, Robot Dapat Dikontrol Lewat Pikiran dan Air Seni
Tak Hanya Cerdik, Wajah Robot Juga Kian Ciamik


* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini