Sukses

Hebat, Lensa Kontak Bisa Ukur Kadar Gula Darah Lewat Air Mata

Untuk dapat membaca kadar gula dengan tepat, lensa kontak ini ditanami chip nirkabel dan sensor glukosa miniatur.

Ada kabar baik bagi penderita diabetes karena sebentar lagi mereka tak perlu repot menemui dokter hanya untuk mengecek kadar gula dalam darah. Hanya dengan lensa kontak, penderita diabetes bisa mengukur kadar glukosa melalui air mata.

Saat ini lensa kontak tersebut tengah diuji coba oleh Google dan masih berupa prototipe. Hasil pengujian mengungkapkan bahwa lensa kontak itu mampu membaca kadar glukosa dalam hitungan detik.

Untuk memuluskan proyek ini Google dikabarkan sudah menemui badan pengawasan makanan dan obat-obatan Amerika Serikat 'US Food and Drug Administration (FDA)'.

Mengutip laman The Next Web, Jumat (17/1/2014), untuk dapat membaca kadar gula dengan tepat, lensa kontak ini ditanami chip nirkabel dan sensor glukosa miniatur yang diklaim lebih tipis dari rambut manusia.

Selain itu Google juga tengah mempertimbangkan untuk menambahkan lampu LED kecil yang nantinya berfungsi untuk menampilkan indikator ketika kadar glukosa berada di atas atau di bawah ambang batas tertentu.
 
Brian Otis dan Babak Parviz selaku pemimpin proyek ini berharap lensa kontak pintar ini dapat membantu beban yang selama ini dialami penderita diabetes. Jika benar-benar dirilis ke publik, produk ini setidaknya dapat mengurangi risiko kematian pasien penderita diabetes.   

Sebelumnya pada tahun 2011, tim peneliti dari  University of Washington dan Microsoft Research Connections juga sempat mengembangkan lensa kontak yang dapat memonitor kadar gula dalam darah.

Namun dalam proses pembacaan datanya, lensa kontak yang dikembangkan Microsoft tersebut masih memerluan bantuan gadget lain. (isk)


Baca juga:
Lupakan Fingerprint, Ganti Semua Password Dengan Eye Scanner Ini
Keren, Ngecas Baterai Gadget Pakai Mangkuk
harger Laptop Ini Diklaim Terkecil di Dunia
iPhone 5 dan 5S Bisa Dicas Tanpa Kabel
Headphone Pun Dibuat Seperti Berlian
Sikat Gigi Pintar, Bisa Terkoneksi ke Smartphone

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini