Sukses

Facebook Ditinggal 11 Juta Pengguna ABG

Sejak tahun 2011 terhitung 11 juta anak muda dilaporkan berpaling dari Facebook dan beralih ke media sosial lainnya.

Facebook tampaknya mulai merasakan dampak dari kerasnya persaingan pasar media sosial. Menurut kabar terkini yang beredar, jejaring sosial milik Mark Zuckerberg itu semakin ditinggalkan oleh pengguna remaja. Bahkan menurut hasil riset yang dirilis iStrategy Labs, 11 juta anak muda dilaporkan berpaling dari Facebook dan beralih ke media sosial lainnya.

Dilansir laman Times, Jumat (17/1/2014), laporan iStrategy Labs menunjukkan bahwa di awal tahun 2011 pengguna muda Facebook berumur 13-17 tahun tercatat berjumlah 13 juta lebih. Angka tersebut turun drastis menjadi hanya 9,8 juta saja di bulan Januari 2014.

Sementara itu pengguna dengan umur 18-24 tahun di bulan Januari 2011 yang awalnya berjumlah 45,5 juta terpangkas menjadi hanya 42 juta di bulan Januari 2014 ini.

Sebelumnya kabar mengenai Facebook yang kini mulai ditinggalkan oleh para pengguna remaja sempat terlontar dari CFO Facebook, David Ebersman pada laporan keuangan kuartal ketiga tahun 2013 kemarin. Namun menariknya, kabar tersebut justru dibantah secara terang-terangan oleh salah satu bos Facebook lainnya.

Dalam sebuah sesi wawancara dengan All Things Digital, Chief Operating Officer (COO) Facebook Sheryl Sandberg memamparkan bahwa pengguna remaja Facebook saat ini masih dalam jumlah yang relatif stabil. Bahkan ia juga menekankan kalau mayoritas remaja di Amerika Serikat merupakan pengguna setia Facebook dan mengaksesnya hampir setiap hari.

Ia menjelaskan, beberapa tahun lalu, jejaring sosial yang didirikan oleh Mark Zuckerberg tersebut justru lebih kerap digunakan oleh kalangan dewasa. Namun belakangan ini seiring dengan usia Facebook yang memasuki 10 tahun, pola penggunanya pun mulai berubah. Facebook diakses oleh rentang usia yang lebih luas, mulai dari kalangan remaja hingga orangtua. (dhi)

Baca juga:
Facebook Mulai Ditinggal Pengguna ABG
Facebook Bantah Telah Ditinggalkan Pengguna ABG
`Pin It` Pinterest Lebih Tenar Dibanding `Like` Facebook
Facebook `Caplok` Startup Asal India

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.