Sukses

Diterjang Banjir Besar, Telkom Pulihkan Komunikasi di Manado

PT. Telekomunikasi Indonesia, Tbk (Telkom) mengaku terus mengupayakan agar layanan telekomunikasi di Manado tetap berjalan lancar.

Banjir besar menerjang Manado, Ibukota Sulawesi Utara pada tanggal 15 Januari lalu 2014. Akibatnya, layanan komunikasi di kota Manado dan sekitarnya sempat terganggu akibat pemutusan catuan daya listrik dari Perusahaan Listrik Negara (PLN) untuk menghindari kejadian buruk akibat banjir.

Namun, PT. Telekomunikasi Indonesia, Tbk (Telkom) mengaku terus mengupayakan agar layanan telekomunikasi di Manado tetap berjalan lancar. Untuk itu perusahaan yang tergabung dalam Telkom Group itu telah mendirikan Posko Telkom Care yang siaga 24 jam di lokasi-lokasi yang paling parah terkena banjir.

Menurut Vice President Public Relations Telkom Arif Prabowo, Telkom dan anak usahanya telah melakukan berbagai upaya untuk memastikan fasilitas telekomunikasi dapat tetap beroperasi di lokasi bencana. 

Sementara itu beberapa Base Tranceiver Station (BTS) Telkomsel yang sempat tidak berfungsi akibat catuan listrik dari PLN terputus, diusahakan segera kembali beroperasi. Genset mobile didatangkan ke lokasi BTS yang down agar kembali bisa beroperasi walau tanpa catuan daya dari PLN.

Sedangkan seluruh Sentra Telepon Otomatis (STO) yang melayani telepon kabel tetap dalam kondisi aman, meski sebagian STO harus menggunakan genset mobile sebagai catu dayanya.

Ditambahkan Arif, pihaknya juga telah memastikan fasilitas telekomunikasi instansi-instansi terkait yang berperan penting dalam proses penanganan bencana, seperti kantor gubernur dan kepolisian.

Telkom pun mengaku telah mendirikan Posko Telkom Care untuk memfasilitasi masyarakat yang membutuhkan. Posko ini siap melayani bantuan selama 24 jam, dengan menyiapkan saluran hotline di nomor 0431-843456.

Selain itu, masyarakat yang memerlukan layanan telekomunikasi berupa kartu perdana, isi ulang pulsa (MKIOS), charger handphone, akses internet melalui Wi-Fi atau modem, maupun layanan komunikasi suara (telepon), dapat datang langsung ke posko tersebut untuk memperoleh layanan telekomunikasi secara gratis.

“Kami turut prihatin atas musibah yang menimpa masyarakat di kota Manado. Untuk itu kami berharap kehadiran Posko Telkom Care dapat membantu meringankan beban masyarakat dan memberikan solusi bagi warga sekitar yang memerlukan layanan telekomunikasi,” ungkap Arif dalam keterangan yang diterima tim Tekno Liputan6.com.

Selain menyediakan layanan telekomunikasi gratis, Telkom Group juga menyiapkan bantuan tanggap darurat lainnya, seperti makanan dan minuman cepat saji, nasi bungkus, obat-obatan, makanan ringan, selimut, kain sarung dan lain-lain yang sangat dibutuhkan oleh para pengungsi. (den/isk)


Baca juga : 
Dari Instagram, Komentar Ibu Ani Soal Banjir Lanjut ke Path
Sebagian Jakarta Terendam, Telkomsel Amankan Layanan
Pantau Banjir Lewat Peta Interaktif Google Maps 
#Banjir Sibukkan Lini Massa Twitter
Foto-foto Jakarta Banjir Ramaikan Twitter
Jakarta Dikepung Banjir, Operator Telekomunikasi Siaga


* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.