Sukses

Lagi! Facebook Contek Twitter

Serupa dengan Trending Topics di Twitter, Facebook menggunakan penghitungan algoritma untuk topik yang menunjukkan peningkatan popularitas.

Meski lebih 'senior' ketimbang Twitter di industri media sosial, namun nyatanya Facebook belakangan ini kerap meniru apa yang dilakukan oleh Twitter.

Setelah sebelumnya sempat 'mencontek' gaya timeline pada tampilan laman utama dan penggunaan tanda pagar (hashtag), kini Facebook dilaporkan ikut-ikutan membuat fitur baru yang berfungsi layaknya fitur 'Trending Topics' pada media sosial berlogo burung biru itu.

Seperti dilansir laman IT Portal, Senin (20/1/2014), fitur baru ini memungkinkan pengguna mengetahui topik atau obrolan apa yang sedang ramai dibicarakan di Facebook. Fitur baru ini dilambangkan dengan tanda panah biru yang ditempatkan di sisi kanan atas pada homepage.

Serupa dengan Trending Topics di Twitter, Facebook menggunakan penghitungan algoritma untuk memilih topik yang menunjukkan peningkatan popularitas. Fitur ini akan secara otomatis dan terus-menerus melakukan update sesuai dengan intensitas topik yang dibahas oleh para pengguna jejaring sosial mili Mark Zuckerberg tersebut.

Namun ada sedikit perbedaan yang dihadirkan oleh Facebook. Di fitur ini pengguna dapat mengkustomisasi topik pembicaraan sesuai dengan minat masing-masing.

"Daftar tren ini dapat bersifat pribadi, topik-topik yang ditampilkan berdasarkan pada hal-hal yang Anda minati dan juga tren di Facebook secara keseluruhan," ungkap Technical Manager of Facebook Chris Struhar.

Namun untuk sementara fitur ini baru tersedia bagi para pengguna Facebook di wilayah Amerika Serikat, Inggris, Kanada, India dan Australia. (dhi/Igw)

Baca juga:
Pengguna Facebook Lebih Doyan Musik Dibanding Pornografi
Facebook Ditinggal 11 Juta Pengguna ABG
Facebook `Caplok` Startup Asal India
Diam-diam Google+ Mulai Dominasi Media Sosial

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini