Sukses

Sebulan Sambangi Indonesia, Baidu Klaim Miliki 2 Juta Pengguna

Besarnya angka jumlah pengguna tersebut disinyalir berkat kemitraan dan ketersediaan konten lokal.

Sukses di negara asalnya, China menjadikan perusahaan mesin pencari berbasis internet, Baidu, berekspansi dengan menyambangi negara lain di kawasan Asia. Indonesia merupakan salah satu negara yang sejak sebulan lalu resmi kedatangan mesin pencari Baidu.

Saat ini Baidu mengumumkan mesin pencari untuk aplikasi browser Android besutanya itu telah memiliki 2 juta pengguna di Indonesia. Besarnya angka jumlah pengguna tersebut disinyalir berkat kemitraan dan ketersediaan konten lokal.

"Kami senang mengumumkan bahwa 2 juta orang di sini menikmati penggunaan browser Baidu dan semua konten khusus seperti berita lokal, foto, cuaca yang dapat diakses pada homepage," ucap General Manager Baidu Indonesia Bob Bao melalui keterangan resmi yang diterima Tekno Liputan6.com, Selasa (21/1/2014).

Selain merilis aplikasi dan konten lokal, perusahaan asal China ini juga telah menjalin sejumlah kemitraan dengan produsen perangkat mobile lokal, seperti salah satunya dengan perusahaan ponsel Mito Mobile. Sejumlah ponsel besutan Mito telah disediakan aplikasi browser Baidu secara pra-install.

Browser Baidu sendiri saat ini telah memasuki versi 3.0 dengan fitur dashboard yang dapat disesuaikan untuk menampilkan berbagai informasi lokal seperti berita dan foto langsung pada homepage pengguna. Mesin T5 yang digunakan pada browser Baidu diklaim mampu mempercepat rendering halaman browser hingga 30%.

Selain itu, browser Baidu juga telah menggunakan teknologi transcoding untuk meningkatkan kecepatan data yang dibaca pada halaman HTML. (vin/dhi)

Baca juga
Dukung Pengembang, Baidu Akan Buka Toko Aplikasi di Indonesia
Rentan Serangan Malware, Baidu Tawarkan Aplikasi Keamanan
Ingin Perluas Pasar, Baidu Akan Buka Kantor di Indonesia

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.