Sukses

TV 4K Bakal Jadi Tren di Tahun Ini

TV 4K diprediksi akan mendominasi pasar dan menjadi tren di tahun ini karena ekosistemnya kian kuat dan harganya akan semakin murah.

Sekitar tahun 2010, pabrikan TV banyak yang memperkenalkan teknologi 3D, namun teknologi tersebut gagal karena masih dianggap aneh ketika konsumen harus menggunakan kacamata 3D yang masih kurang nyaman digunakan.

Meskipun begitu, para pabrikan TV tetap berinovasi. Mereka kembali menghadirkan teknologi yang jauh berbeda yaitu TV beresolusi 4K. Namun sayang, pasar masih belum siap menerima kehadirannya. Demikian pernyataan pengamat teknologi Farhad Manjoo, seperti dikutip dari The Wall Street Journal, Jumat (24/1/2014).

Pasalnya dari segi konten, konsumen masih sulit menemukan video dengan resolusi 4K. Pabrikan TV juga belum bisa menyatukan semua perangkat yang terhubung dengan TV 4K dan belum ada yang bekerja sama dengan perusahaan penyedia konten yang dapat menyediakan konten lengkap.


Apa itu 4K?
Secara teknis, 4K memiliki resolusi layar 4096 x 2160 piksel. Namun menurut standar Consumer Electronics Association, TV 4K memiliki resolusi 3.840 x 2.160 piksel. Video yang mengusung 4K juga harus memiliki resolusi standar tersebut.

Jika Anda ingin membuat video 4K, maka kamera yang digunakan juga patut mendukung resolusi itu. Teknologi 4K juga disebut sebagai Ultra High Definition alias Ultra HD, yang memiliki resolusi empat kali lebih tinggi dari resolusi full HD 1920 x 1080 piksel.

Yang menarik, banyak kamera film saat ini memiliki resolusi di atas 4K, sebut saja Epic RED yang menyematkan resolusi 5K 5120 x 2700 piksel dan Sony F65 dengan resolusi 8K 8192 x 4320 piksel.


TV 4K Masih Mahal?
Karena teknologi ini tergolong baru, harga TV 4K masih sangat mahal. Pabrikan TV dengan nama besar bahkan mematok TV 4K mereka dengan harga yang setara dengan sebuah mobil Multi Purpose Vehicle (MPV) atau jenis mobil keluarga.

Sejauh ini TV 4K memiliki ukuran sebesar 84 inci dan bahkan ada pabrikan TV yang mengeluarkan 152 inci. Pasar berharap TV 4K dengan ukuran raksasa tersedia dengan harga yang masuk akal.

Dan pada akhir tahun 2013, pabrikan televisi pun akhirnya berlomba-lomba menurunkan harga TV 4K dengan rata-rata harga Rp 60 jutaan. Namun dengan ukuran TV 55 inci, 58 inci, dan 65 inci.


Diprediksi Akan Meluas
Walaupun harganya sudah turun, TV 4K masih belum mampu bersaing dengan TV Full HD seukuran 65 inci yang rata-rata dilego dengan harga Rp 30 jutaan. Akan tetapi TV 4K diprediksi akan mendominasi pasar dan menjadi tren di tahun ini.

Kehadiran resolusi 4K bahkan sudah hadir di perangkat smartphone, dan itu semakin menegaskan bahwa fitur tersebut akan menjadi tren di tahun ini. Pasar TV 4K pun akan semakin luas karena ekosistemnya kian kuat dan harganya bakal semakin murah.

Itu dapat dilihat dari rencana Samsung, LG, Sony, dan Panasonic, yang telah memamerkan TV 4K di ajang Consumer Electronic Show (CES) di Las Vegas, Amerika Serikat pada awal Januari 2014.

Pengapalan TV 4K juga akan meningkat. Pada tahun 2013 tercatat sebanyak 1,9 juta TV 4K yang laku terjual. Sementara itu, pada 2014 jumlahnya akan meningkat menjadi 12 juta unit. (isk)


Baca juga:
Smart TV: Tak Sekadar Hubungkan TV ke Internet
Teknologi TV OLED `200 Kali Lebih Tipis Dari Rambut Manusia`
TV 3D Tanpa Kacamata Memang Menggoda, Tapi Bisa Merusak Mata?
Televisi 3D Punya Karakter Yang Sama Dengan Mata Manusia
Panel LCD `Terbuat` Dari Ekstrak Kolesterol Wortel
TV Plasma Hadir di Tahun 1960an dan Akan Mati Tahun Ini?
Televisi Lahir Dari Kepingan Logam `Teleskop Elektrik`
Televisi Berwarna Lahir Dari `Kelamnya` Perang Dunia II


* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini