Sukses

Resolusi 4K Tak Hanya Dominasi Televisi

Teknologi layar 4K tak hanya hadir di perangkat televisi. Dua tahun ke depan teknologi ini diharapkan akan terbenam di smartphone.

Resolusi layar 4K 4096 x 2160 piksel alias Ultra HD yang empat kali lebih besar dari layar full HD 1920 x 1080 piksel tak hanya hadir di televisi. Dua tahun ke depan, teknologi layar 4K diharapkan akan terbenam di smartphone.

Tentunya hal itu akan menjadi kenyataan, karena saat ini sudah ada beberapa smartphone yang sudah menggunakan layar 2K 2560 x 1440 piksel. Dua di antaranya adalah Vivo Xplay3S yang meluncur di akhir tahun 2013 dan Oppo Find 7 yang rumornya akan diperkenalkan pada bulan Februari 2014.



Bahkan akhir tahun lalu juga sudah ada sebuah smartphone yang mampu merekam video 4K. Acer Liquid S2 merupakan phablet dengan layar 6 inci pertama di dunia yang mendukung perekaman video 4K. Untuk memaksimalkan kinerja, Liquid S2 mengandalkan prosesor Snapdragon 800 dan RAM 2 GB.


4K Akan Hadir di iPad
Apple juga disebut-sebut akan mengadopsi teknologi layar 4K untuk tablet iPad generasi berikutnya, yang kemungkinan akan diberi nama iPad Pro. Mengutip laman BGR, Rabu (29/1/2014), iPad Pro akan tersedia dalam dua varian, yaitu versi layar 12,9 inci dengan resolusi 4K dan layar 12,2 inci beresolusi 2K.

Tablet yang dirumorkan akan memiliki dimensi 284 x 204 x 7mm itu diprediksi bakal meluncur di tahun ini. iPad Pro juga disebut akan memiliki fungsi yang berbeda dari iPad Air maupun iPad Mini. iPad Pro dinilai akan masuk ke dalam kategori perangkat bisnis dan menyasar kelas profesional.



Dilaporkan Ubergizmo, analis Patrick Wang memprediksi bahwa tablet tersebut nantinya akan menjadi perangkat hibrida yang bisa dipakai sebagai tablet maupun notebook. Wang berharap, iPad Pro memiliki ruang penyimpanan yang jauh lebih besar dari 128 GB - kapasitas terbesar di iPad.


Streaming Video 4K di YouTube
Di samping itu sebentar lagi Anda juga bisai streaming video 4K via internet. Situs berbagi video Youtube bahkan telah memamerkan teknologi tersebut di ajang Consumer Electronic Show (CES) pada 7 - 10 Januari 2014 di Las Vegas, Amerika Serikat.

Dilansir Gizmodo, teknologi itu akan memaksimalkan penggunaan data secara substansial karena ber-bandwidth rendah. Hal ini dimungkinkan dengan penggunaan codec VP9, yang disinyalir dapat memangkas ukuran video 50 persen lebih kecil.



Tak hanya itu, codec VP9 diyakini tidak hanya dapat memaksimalkan kinerja streaming video 4K, tetapi juga akan mendukung performa semua streaming video beresolusi tinggi sehingga akan bisa memangkas jumlah data yang digunakan pengguna internet.

"Pada tahun 2015, Anda akan terkejut setiap kali melihat video 4K," kata Varela, direktur global kemitraan platform yang juga menyebut bahwa H.265 codec video (format ukuran gambar video 4K) bisa berjalan di YouTube. (isk)


Bersambung...



Baca juga: 
TV 4K Bakal Jadi Tren di Tahun Ini
Smart TV: Tak Sekadar Hubungkan TV ke Internet
Teknologi TV OLED `200 Kali Lebih Tipis Dari Rambut Manusia`
TV 3D Tanpa Kacamata Memang Menggoda, Tapi Bisa Merusak Mata?
Televisi 3D Punya Karakter Yang Sama Dengan Mata Manusia
Panel LCD `Terbuat` Dari Ekstrak Kolesterol Wortel
TV Plasma Hadir di Tahun 1960an dan Akan Mati Tahun Ini?
Televisi Lahir Dari Kepingan Logam `Teleskop Elektrik`
Televisi Berwarna Lahir Dari `Kelamnya` Perang Dunia II

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini