Sukses

Kenapa Google Jual Murah Motorola ke Lenovo?

CEO Google Larry Page mengklaim penjualan Motorola kepada Lenovo merupakan langkah penting bagi perkembangan ekosisitem perangkat Android.

Kejutan besar mengguncang jagat industri teknologi global di awal tahun 2014. Google dilaporkan menjual divisi Motorola Mobility kepada Lenovo 'hanya' dengan harga sebesar USD 2,91 miliar atau setara Rp 35 triliun. Padahal di tahun 2012 lalu, Google harus bersusah payah mengakuisisi Motorola dengan tebusan mencapai USD 12,5 miliar.

Apa sebenarnya yang menyebabkan Google rela mengobral salah satu lini bisnisnya di pasar perangkat mobile itu pada Lenovo?

CEO Google Larry Page mengklaim bahwa penjualan Motorola kepada Lenovo merupakan langkah penting bagi perkembangan ekosisitem perangkat berbasis Android di kerasnya persaingan pasar perangkat mobile global. Page menilai Motorola membutuhkan mentor untuk bisa menghasilkan perangkat mobile berkualitas agar tetap kompetitif. Dan Lenovo dinilai sebagi pihak yang sangat tepat.

Atas alasan itulah mungkin terjelaskan kenapa Google rela menjual 'murah' Motorola pada Lenovo. Lenovo diyakini mampu ikut membantu Google memberdayakan sistem operasi Android.

Dalam suratnya yang ditujukan kepada karyawan Google, Page menuliskan, "Lenovo memiliki bisnis smartphone yang berkembang pesat dan merupakan yang terbesar dan tercepat sebagai produsen PC di dunia. Langkah ini akan memungkinkan Google untuk mencurahkan energi untuk mendorong inovasi di seluruh ekosistem Android, untuk kepentingan pengguna smartphone di manapun."

Selain itu menurut yang dilansir laman Cnet, Kamis (30/1/2014), Page juga menyatakan bahwa Googe tak akan melepaskan seluruh paten yang dimiliki Motorola pada Lenovo. Sebagian besar paten penting masih akan dimiliki dan digunakan Google untuk memperkaya jajaran produk besutan mereka, khususnya bagi pengembangan perangkat wearable.

"Google akan mempertahankan sebagian besar paten Motorola, yang akan terus kita gunakan untuk membangun kekuatan seluruh ekosistem Android," ungkapnya.

Dalam blog resminya, Google juga menyebut jika perusahaan saat ini akan lebih fokus dalam mendorong inovasi untuk ekosistem Android, ketimbang untuk kepentingan pengguna smartphone yang kian kompetitif dan tumbuh pesat. (dhi)

Baca juga:
Dijual Google, Motorola Kini Resmi Milik Lenovo
Dijual ke Lenovo, Paten Motorola Masih Dikuasai Google

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini