Sukses

Lenovo Berambisi Gulingkan Dominasi Apple & Samsung

Dengan menggunakan brand Motorola, Lenovo akan mendapatkan pangsa pasar secara instan di wilayah Amerika Serikat.

Lenovo telah resmi menjadi pemilik Motorola Mobility setelah membelinya dari Google dengan tebusan sebesar USD 2,91 miliar atau setara dengan Rp 35 triliun. Dengan akuisisi ini, banyak pihak yang memprediksikan bahwa perusahaan asal China itu akan memfokuskan bisnisnya di sektor perangkat mobile, khususnya smartphone.

Prediksi itu pun baru-baru ini dikonfirmasi langsung oleh CEO Lenovo Yang Yuanqing. Yuanqing mengatakan bahwa perusahaannya membeli Motorola memang dalam rangka mematangkan bisnis di sektor perangkat mobile.

Dalam sebuah sesi wawancara khusus dengan majalah Fortune dengan tegas Yuanqing mengatakan, "Motorola akan menjadi produk dari smartphone kami."

Selain itu, pria asal China kelahiran 49 tahun lalu itu pun mengungkapkan ambisi perusahaannya yang ingin menjadi pesaing serius bagi duopoli Apple dan Samsung di pasar perangkat mobile.

Membeli Motorola diakuinya sebagai langkah awal yang strategis. Dengan menggunakan brand Motorola, Lenovo akan mendapatkan pangsa pasar secara instan di wilayah Amerika Serikat. Hal ini tak akan terjadi jika mereka tetap menggunakan brand Lenovo di pasar negeri Paman Sam itu. Tak tanggung-tanggung, ia pun memasang total target penjualan smartphone hingga 100 juta unit di tahun 2014 ini.

"Suatu saat kami pasti akan mengejar Apple dan Samsung. Kami akan berjaya di Amerika Serikat, mungkin dengan menggunakan brand seperti 'Motorola by Lenovo," ungkap Yuanqing.

Lenovo sendiri diketahui sudah tertarik untuk membeli Motorola sejak tahun 2011 silam. Saat itu, Lenovo menjadi salah satu perusahaan yang ikut melirik dan bersaing membeli Motorola.

Namun pada pertarungan yang terjadi tiga tahun silam itu Lenovo harus mengakui keunggulan Google yang akhirnya berhasil menebus Motorola seharga USD 12,5 miliar. Ternyata keputusan tersebut tidak mampu menyurutkan niat Lenovo untuk meminang Motorola untuk kedua kalinya. (dhi)

Baca juga:
Kisah `Cinta Lama Bersemi Kembali` Antara Lenovo dan Motorola
Beli Motorola, Lenovo Bakal Garap Seri Nexus Terbaru?
Kenapa Google Jual Murah Motorola ke Lenovo?
Dijual ke Lenovo, Paten Motorola Masih Dikuasai Google
Dijual Google, Motorola Kini Resmi Milik Lenovo




* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini