Sukses

Setelah Motorola, Lenovo Incar Sony?

Rumor ini muncul setelah berhembus kabar yang menyebutkan bahwa Sony tak kunjung mendapatkan keuntungan dari jajaran produk PC seri Vaio.

Sukses membeli Motorola dari Google untuk memperkuat sektor bisnis perangkat mobile-nya, ternyata tak membuat Lenovo melupakan lini bisnis PC mereka. Malahan pemegang titel produsen PC nomor satu di dunia itu dirumorkan tengah bersiap melakukan akuisisi lain untuk memperkuat lini bisnis PC.

Lenovo digosipkan sedang melakukan pembicaraan serius terkait kemungkinan proses pengambilalihan unit bisnis PC milik Sony. Rumor ini sendiri muncul setelah berhembus kabar yang menyebutkan bahwa Sony tak kunjung mendapatkan keuntungan dari jajaran produk PC seri Vaio.

Namun pihak Sony tak membiarkan kabar ini beredar lebih luas. Dilansir laman Reuters, Senin (3/2/2014), melalui pernyataan resmi yang dirilisnya, Sony menyatakan, "perusahaan akan berusaha untuk terus memberikan berbagai opsi produk PC, namun laporan yang menyebut kemungkinan aliansi bisnis PC Sony dengan Lenovo adalah tidak tepat."

Sony memang mengakui jika lini bisnis PC Vaio mereka saat ini sedang tidak menunjukkan tren positif. Pertumbuhan pesat di pasar perangkat mobile disinyalir sebagai penyebab utamanya.

Berbeda dengan Sony, nasib Lenovo di pasar PC dunia justru tengah memasuki masa keemasan. Vendor asal China ini diklaim sebagai produsen PC nomor satu dunia, dan 80% total keuntungannya memang masih berasal dari unit bisnis PC.

Sebelumnya Lenovo telah resmi menjadi pemilik Motorola Mobility setelah membelinya dari Google dengan tebusan sebesar USD 2,91 miliar atau setara dengan Rp 35 triliun. Dengan akuisisi ini, banyak pihak yang memprediksikan bahwa perusahaan asal China itu akan memfokuskan bisnisnya di sektor perangkat mobile, khususnya smartphone.

Prediksi itu pun dikonfirmasi langsung oleh CEO Lenovo Yang Yuanqing. Yuanqing mengatakan bahwa perusahaannya membeli Motorola memang dalam rangka mematangkan bisnis di sektor perangkat mobile.

Dalam sebuah sesi wawancara khusus dengan majalah Fortune, dengan tegas Yuanqing mengatakan, "Motorola akan menjadi produk dari smartphone kami." (dhi)

Baca juga:
Lenovo Berambisi Gulingkan Dominasi Apple & Samsung
Kisah `Cinta Lama Bersemi Kembali` Antara Lenovo dan Motorola
Beli Motorola, Lenovo Bakal Garap Seri Nexus Terbaru?
Kenapa Google Jual Murah Motorola ke Lenovo?
Dijual Google, Motorola Kini Resmi Milik Lenovo


* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini