Sukses

3 Penyebab Baterai Ponsel Bisa Melembung dan Meledak

Dari berbagai kasus smartphone meledak yang terjadi, diketahui bahwa banyak di antaranya disebabkan oleh faktor baterai.

Insiden smartphone meledak atau terbakar mungkin bukan kejadian yang mengejutkan lagi. Tahun lalu beberapa unit perangkat mobile besutan Samsung dan Apple diketahui meledak atau terbakar karena berbagai masalah, bahkan beberapa di antaranya sampai melukai dan merugikan penggunanya.

Dari berbagai kasus smartphone meledak yang terjadi, diketahui bahwa banyak di antaranya disebabkan oleh faktor baterai. Baterai ponsel memang menyimpan resiko yang cukup berbahaya. Bila tidak digunakan dengan benar, baterai dapat melembung dan mungkin saja meledak.

Apa penyebab baterai ponsel melembung?

Banyak faktor yang bisa menjadi penyebab utama baterai menjadi kembung, umumnya adalah karena kesalahan pengguna. Namun selain itu pun masih ada faktor lain:

1. Faktor kesalahan pengguna

- Penggunaan secara berlebihan. Penggunaan ponsel yang berlebihan seperti terlalu lama menelpon, bermain game dan lain sebagainya akan menyebabkan suhu baterai meningkat karena harus bekerja ekstra. Hal ini turut menjadi penyebab utama melembungnya baterai.

- Penggunaan charger yang tidak sesuai. Menggunakan charger lain (bukaan bawaan paket penjualaan) dalam jangka panjang akan menyebabkan kerusakan pada baterai.

- Jadwal charging yang tidak beraturan. Hal ini bisa berdampak buruk pada umur baterai gadget anda, dan membuatnya dapat cepat melembung.

2. Faktor usia baterai

Usia pada baterai itu sendiri juga berpengaruh pada rusaknya baterai (kembung). Namun ukuran usia baterai sendiri berbeda sesuai jenis baterai itu sendiri. Pada umumnya, jenis baterai yang digunakan pada ponsel saat ini adalah jenis Li - Ion dan Li - Po, dan cara merawat kedua jenis baterai ini pun berbeda

3. Faktor kualitas baterai

Jika Anda berniat mengganti baterai yang digunakan pada ponsel, sebaiknya gunakanlah baterai orisinil karena akan menjamin kualitas dari baterai itu sendiri. Karena kualitas dari baterai juga dapat mempengaruhi kinerja dan umur baterai. Hal ini juga merupakan salah satu faktor penting demi menjaga 'keselamatan' diri Anda sendiri.

(dhi)

LIPUTAN KHUSUS
Seberapa Bahaya Ponsel Cerdas Kita?


Baca juga:
Lagi! iPhone Meledak Lukai Seorang Siswi
Charger iPhone Meledak, Bayi Lagi Tidur Nyaris Celaka
Juli: Pengguna Jadi Korban Smartphone Meledak
Galaxy S4 Terbakar, Nokia Tawarkan Lumia Untuk Gantinya
Galaxy S4 Terbakar, Samsung Minta Pemiliknya Tutup Mulut
Waduh, Tablet iPad Air Meledak!

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini