Sukses

67,65 Juta Akun Facebook Ternyata Palsu

Dari semua pengguna aktif per bulan dan per hari, Facebook mencatat keberadaan akun palsu sebanyak 5,5% - 11,2% dari total penggunanya.

Memasuki usia 10 tahun, Facebook dilaporkan mulai kehilangan sejumlah pengguna berusia remaja. Namun hal tersebut secara terang-terangan dibantah oleh pihak Facebook yang menyebut bahwa saat ini jumlah penggunanya justru semakin bertambah.

Melalui blog resmi perusahaan, Facebook membeberkan laporan bahwa pada kuartal empat 2013 Facebook telah memiliki 1,23 miliar pengguna aktif setiap bulannya dan 556 juta pengguna aktif yang mengaksesnya melalui perangkat mobile. Per harinya Facebook mencatat ada 757 juta pengguna aktif dengan 556 juta mengaksesnya melalui perangkat mobile.

Dari semua pengguna aktif per bulan dan per hari, Facebook mencatat keberadaan akun palsu sebanyak 5,5% - 11,2% dari total penggunanya saat ini. Jumlah tersebut setara dengan 67,65 juta pengguna palsu dalam sebulan.

Facebook juga mencatat beberapa temuan menarik dari sejumlah akun palsu tersebut. Sekitar 4,3-7,9% ternyata dimiliki oleh orang yang sebelumnya telah terdaftar sebagai pemilik Facebook. Atau dengan kata lain sekitar 52,89 juta - 97,17 juta pengguna membuat akun duplikasi dengan nama yang sama.

Perusahaan yang berbasis di California ini juga mendapati sekitar 0,8-2,1% akun yang tidak terklasifikasi karena seseorang menggunakan akun tersebut untuk tujuan tertentu bukan atas nama pribadi atau perusahaan. Jumlah tersebut setara dengan 9,84 juta hingga 25,83 juta akun.

Sebanyak 0,4 hingga 1,2 % merupakan akun yang tidak diinginkan atau dibuat segaja untuk melanggar aturan yang telah ditetapkan Facebook. Jumlah tersebut setara dengan 4,92 hingga 14,76 juta akun yang diprediksi bukan buatan manusia.

Dalam data terbaru ini Facebook belum dapat menentukan pertumbuhan atau penurunan akun palsu dibandingkan periode sebelumnya atau periode yang sama setahun silam. (vin/dew)


Baca juga:
Makin Tajir, Kekayaan Mark Zuckerberg Bertambah Rp 39 T
Asyiknya Baca Artikel di Aplikasi Facebook Terbaru Ini
Akses Internet Korea Selatan Tercepat di Dunia, Indonesia?
Facebook Serang Balik dan Bantah Dibilang 'Mati' di Tahun 2017

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini