Sukses

Apa Yang Disukai dan Tak Disukai Pengguna Facebook?

Serangkaian survei dilakukan oleh lembaga analisa New Pew Research Center untuk mengetahui bagaimana orang menggunakan Facebook.

Tak terasa, Facebook sudah 10 tahun menjadi salah satu situs jejaring sosial yang diganderungi para pengguna internet. Berawal dari kamar asrama mahasiswa Univeritas Harvard, situs itu berkembang pesat menjadi perusahaan dengan pengguna mencapai 1,2 miliar - menjadikannya sebagai perusahaan jejaring sosial dengan pengguna terbesar di dunia.

Berkaitan dengan hal tersebut, serangkaian survei dilakukan oleh lembaga analisa New Pew Research Center untuk mengetahui bagaimana orang menggunakan Facebook dan apa saja yang mereka sukai maupun tak disukai dalam berakktivitas di Facebook. Survei ini diselenggarakan untuk merayakan hari jadi Facebook yang ke-10.

1. Tak Disukai Pengguna Facebook

Sebagian pengguna menyukai aspek tertentu dari Facebook tapi mereka tak takut kehilangan kegiatan sosial. Kebanyakan pengguna Facebook tak begitu suka dengan orang yang terlalu banyak berbagi informasi tentang dirinya sendiri. Terdapat 36% responden tidak menyukai orang yang 'narsis' secara berlebihan.

Tak hanya itu, mereka juga tak menyukai posting foto tentang dirinya yang di-tag tanpa izin. Meskipun Facebook berbentuk jejaring sosial, sebagian penggunanya tak menyukai fitur Facebook yang memberikan akses kepada semua orang karena bisa saja ada tamu 'tak diundang' dalam kegiatan sosial yang sedang mereka lakukan di Facebook.

2. Alasan Menggunakan Facebook

Pria dan wanita memiliki alasan masing-masing soal penggunaan Facebook dalam keseharian mereka. Namun aktivitas berbagi macam hal yang dapat dengan mudah dilakukan menggunakan Facebook menjadi alasan utama bagi mereka untuk tetap  memakai situs buatan Mark Zuckerberg itu.

Melalui Facebook mereka juga selalu memperoleh berita baru atau menerima dukungan dan berkomunikasi dengan orang-orang yang ada di jaringan mereka. Keterikatan yang terjalin kuat membuat para pengguna Facebook dapat lebih cepat mendapat bantuan dari rekan-rekannya ketika membutuhkan.

3. Jumlah Teman di Facebook

Pengguna Facebook memiliki jumlah teman yang bervariatif, tergantung dari usia mereka masing-masing. Hasil survei menunjukkan, semakin muda usia pengguna maka lebih banyak teman yang terhubung dengan mereka melalui akun Facebook. Pengguna dewasa rata-rata memiliki teman kurang dari 1.000 teman.

Secara rinci New Pew Research Center menyebutkan 39% pengguna usia dewasa hanya memiliki 1-100 teman, 23% punya 101-250 teman, 20% memiliki 251-500 teman, dan hanya 15% pengguna dewasa yang mempunyai teman lebih dari 500 di jaringannya.

4. Aktivitas di Facebook

Pengguna Facebook kebanyakan lebih memilih bersifat pasif dengan hanya mengomentari status dari temannya yang lebih rajin melakukan perubahan statusnya. Survei menunjukkan, 44% dari pengguna Facebook memberi "Like" di konten yang di-posting oleh teman-teman mereka setidaknya sekali sehari, di mana 29% di antaranya memberi `Like` beberapa kali per hari.

Sedangkan 31% lainnya lebih suka memberikan komentar pada foto orang lain setiap hari, dengan 15% melakukannya beberapa kali per hari. Dan sekitar 19% mengirim pesan Facebook pribadi ke teman-teman mereka setiap hari, dengan 10% mengirimkan pesan ini beberapa kali per hari.

Baca juga :

Makin Tajir, Kekayaan Mark Zuckerberg Bertambah Rp 39 T
Asyiknya Baca Artikel di Aplikasi Facebook Terbaru Ini
Akses Internet Korea Selatan Tercepat di Dunia, Indonesia?
Facebook Serang Balik dan Bantah Dibilang 'Mati' di Tahun 2017

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini