Sukses

Ini Alasan Kenapa Game Flappy Bird Begitu Populer

Tanpa diduga, Flappy Bird tiba-tiba menjadi game yang begitu populer di perangkat mobile. Apa yang membuat game ini populer?

Coba lihat orang-orang di sekitar Anda yang pakai smartphone. Apakah wajah mereka menunjukkan rasa kesal? Atau tiba-tiba berteriak, bergumam, tepokin jidat sambil mengetuk-ngetukkan jarinya di layar? Bisa jadi mereka sedang bermain game Flappy Bird.

Ya, Flappy Bird saat ini memang sedang digandrungi banyak orang. Tanpa diduga, Flappy Bird tiba-tiba menjadi game yang begitu populer di perangkat mobile. Mungkin sebagian dari Anda ada yang bertanya-tanya mengapa game yang biasa-biasa saja ini bisa fenomenal.

Flappy Bird sebenarnya sudah dirilis sejak tahun lalu, game ini bahkan tidak masuk dalam 'radar' pengamatan para pengguna gadget di App Store. Flappy Bird dikembangkan oleh desainer game bernama Dong Nguyen melalui studio gamenya, DotGears Studio di Vietnam.

Menurut wawancara Chocolate Lab Apps dengan Nguyen, popularitas Flappy Bird bukanlah hasil dari kampanye iklan viral. Menurut Nguyen semua itu terjadi secara alami dan bertahap.

Game ini bukanlah game baru, sebab Flappy Bird sudah dirilis di toko aplikasi sejak bulan Mei 2013. Lalu apa yang membuat game ini bisa populer? 

Sederhana

Game ini mengadopsi tampilan retro mirip game Mario Bros, dengan pipa-pipa warna hijau dan efek suara. Dari sisi gambar, kualitas grafis game ini bisa dibilang buruk. Kualitasnya kalah jauh dengan game-game mobile lain, apalagi jika dibandingkan dengan Angry Birds.

Grafis bukanlah daya tarik utama game ini. Yang membuat game ini disukai adalah karena permainannya sangat sederhana. Pemain hanya perlu mengetuk layar sentuh perangkat mobile mereka berulang-ulang untuk menavigasi sang burung terbang melewati celah antar pipa yang ada di depannya.

Karena tidak ada petunjuk, saat pertama kali Anda memainkan game ini burung dipastikan akan cepat jatuh. Kedua kali memainkannya, Anda mungkin baru berhasil melewati pipa pertama. Ketiga, keempat dan selanjutnya, Anda mungkin masih akan membentur pipa.

Setelah berkali-kali mencoba, jika Anda beruntung, Anda mungkin bisa melewati beberapa pipa. Seperti itulah gameplay Flappy Bird, mudah dan sederhana tapi tak semudah yang dibayangkan memainkannya.

Bikin penasaran

Meski game Flappy Bird membuat para pemainnya kesal, Flappy Bird mampu membangkitkan rasa penasaran para pemainnya untuk terus mencoba memainkannya. Inilah yang membuat game ini menarik. 

Kesederhanaan memainkannyalah yang membuat game Flappy Bird begitu adiktif bagi sebagian orang. Sebab, jika si burung jatuh Anda tetap harus mengulang permainan dari awal.

Namun memang game ini penuh iklan yang mengganggu. Tentu saja, ini karena sang pembuatnya butuh cara untuk menghasilkan uang. Dalam sebuah sesi wawancara dengan The Verge, Nguyen mengaku mendapatkan keuntungan USD 50 ribu atau sekitar Rp 608 juta per harinya dari fasilitas iklan digital yang ada di Flappy Bird.

Pamer Skor

Satu lagi yang membuat game ini populer. Banyak pemain yang menanyakan berapa skor tertinggi bermain Flappy Bird. Inilah salah satu faktor yang membuat pemain gregetan untuk saling adu skor. Dan ternyata, adu skor mampu memacu para pemain untuk berusaha mencapai skor lebih tinggi dan tinggi lagi. 

Bahkan para pemain Flappy Bird saling pamer skor tertinggi yang berhasil diraih di timeline Twitter dan situs YouTube. Sudah banyak yang mengklaim bahwa dirinya adalah pemegang skor tertinggi Flappy Bird tanpa kecurangan sedikit pun. Namun sejauh ini, pencapaian skor tertinggi Flappy Bird adalah milik akun Twitter bernama @AustinLand23 yang berhasil membukukan skor 284.

Flappy Bird adalah game yang menyebalkan, tapi juga menyenangkan. Flappy Bird susah-susah gampang dimainkan, dan permainan hanya berlangsung pendek.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman


Baca juga:

Mendadak Populer, Flappy Bird Cuma Beruntung Saja!
Analis Tuduh Pengembang Flappy Bird Berbuat Curang
Dibuat Kesal Flappy Bird? Mainkan Game yang Satu Ini!
Tips Sukses Main Flappy Bird Langsung Dari Penciptanya
Bikin Ketagihan, Flappy Bird Untung Rp 608 Juta Per Hari

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini