Sukses

Kisah di Balik Game 'Nyandu' Flappy Bird

Tahukah Anda jika game yang hadir dengan desain sederhana ini ternyata dibuat hanya dalam waktu dua hingga tiga hari?

Kepopuleran Flappy Bird saat ini tengah menghinggapi pengguna Android dan iOS. Namun tahukah Anda jika game yang hadir dengan desain sederhana ini ternyata dibuat hanya dalam waktu dua hingga tiga hari?

Meski ketenarannya kian meningkat di awal tahun 2014, Flappy Bird sebenarnya bukan game baru bagi sang pencipta Dong Nguyen. Sosok pria asal Hanoi, Vietnam ini menyebut jika Flappy Bird telah resmi dirilis pada Mei 2013 untuk pengguna iPhone 5.

Dan sejak merilis update empat bulan kemudian, ketenaran game yang awalnya bernama Flap Flap mulai menandingi sejumah game populer. Di awal tahun 2014, game ini berhasil menduduki puncak toko aplikasi online Google Play Store dan Apple App Store.

Saat pertama kali dibuat dan dikembangkan, Nguyen menyiapkan karakter burung untuk platform game. Desain yang diciptakan pada tahun 2012 kemudian dibatalkan dan disiapkan untuk platform lain, yakni perangkat mobile.

Pria berusia 29 tahun ini mengklaim bahwa tidak ada bagian dari setiap game yang dikembangkannya mustahil untuk dipecahkan oleh sang pemain.

Dengan mengusung desain sederhana dan retro Nguyen sukses membuat para pemain Flappy Bird penasaran dengan rintangan yang akan dilalui berikutnya. Meski dianggap menyebalkan, namun tidak dapat dipungkiri jika game men-tap burung dirasa menyenangkan bagi sebagian pemainnya.

Ketenaran Flappy Bird tidak lantas menjadikan Nguyen sebagai sosok yang mudah dikenali banyak pihak. Hingga kini Nguyen masih menjadi sosok yang misterius bahkan ia seakan menutup diri dari media sekalipun.

Terbukti sejumlah media berupaya menyoroti sosok di balik kesuksesan game besutannya, Nguyen acapkali menolak permintaan tersebut. Saat dihubungi via email oleh sejumlah media kenamaan, Nguyen kerap menolak ketika telah membahas kehidupan personal dibalik sosok pencipta game fenomenal tersebut.

Merasa terusik dengan pemberitaan media, melalui akun Twitter pribadinya @dongatory beberapa hari lalu ia sempat menulis: "media berlebihan dalam memberitakan keberhasilan game buatan saya. Ini adalah sesuatu yang tidak pernah saya inginkan sebelumnya. Jadi tolong, beri saya ketenangan".


Baca juga:
Mendadak Populer, Flappy Bird Cuma Beruntung Saja!
Ini Alasan Kenapa Game Flappy Bird Begitu Populer
Dibuat Kesal Flappy Bird? Mainkan Game yang Satu Ini!
Tips Sukses Main Flappy Bird Langsung Dari Penciptanya
Bikin Ketagihan, Flappy Bird Untung Rp 608 Juta Per Hari 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini