Sukses

Resmi Ditarik, Flappy Bird `Aspal` Beredar di Google Play Store

Aplikasi asli tapi palsu yang muncul terdiri dari berbagai jenis, mulai dari tips dan trik hingga game kloningan dengan gameplay serupa.

Pencipta Flappy Bird, Dong Nguyen, akhirnya harus menyerah pada popularitas game mobile fenomenal besutannya sendiri. Tepat hari ini, Senin (10/2/2014), pengembang game indie asal Vietnam itu resmi menarik Flappy Bird dari toko aplikasi Google Play Store dan Apple AppStore.

Ini artinya, para pemilik perangkat Android dan iOS yang belum mengunduh Flappy Bird tak mungkin lagi memainkan game itu di perangkat kesayangannya. Beruntung bagi para pemilik perangkat yang sudah mengunduh Flappy Bird terlebih dulu, karena game ini masih bisa dimainkan di perangkat masing-masing.

Kabar ini sekaligus memupuskan harapan para pemilik perangkat Windows Phone yang memang belum sempat disambangi game mobile fenomenal tersebut.

Khusus di Google Play Store, menghilangnya Flappy Bird justru memicu kemunculan banyak aplikasi yang mengusung nama serupa. Aplikasi-aplikasi asli tapi palsu atau 'aspal' itu terdiri dari berbagai jenis, mulai dari tips dan trik bermain Flappy Bird, hingga game kloningan yang mengusung gameplay serupa.

Menurut pantauan tim Tekno Liputan6.com, beberapa di antaranya yang terpampang di Google Play Store adalah Flappy Bird Fan App, Flappy Wings, Flappy Bird (namun menggunakan karakter ikan, bukan burung), serta Simple Flappy Bird.

Penarikan Flappy Bird yang dilakukan Dong Nguyen untuk sementara ini diperkirakan karena ia merasa privasinya terganggu oleh ekspos media yang dianggap terlalu berlebihan.

Dalam satu minggu terakhir, game Flappy Bird sukses digandrungi oleh banyak pecinta game mobile seantero dunia. Kesuksesan Flappy Bird juga menghantarkan sang pembesut meraup keuntungan hingga sebesar Rp 608 juta per hari.

Melalui akun Twitter pribadi, Dong Nguyen mengutarakan rencananya untuk segera mengakhiri kesuksesan game besutannya itu. Ia menuliskan, "maaf untuk para pengguna Flappy Bird, dalam waktu 22 jam dari sekarang saya akan menutup dan meniadakanya," tulis pemilik akun @dongatory Minggu kemarin.


Baca juga:
Flappy Bird Sudah Tak Bisa di-Download, Permainan Berakhir
Mendadak Populer, Flappy Bird Cuma Beruntung Saja!
Ini Alasan Kenapa Game Flappy Bird Begitu Populer
Kisah di Balik Game 'Nyandu' Flappy Bird
Flappy Bird Contek Game Ini?

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini