Sukses

Nintendo Tak Masalah `Pipa Mario Bros` Dipakai Flappy Bird

Sebelumnya masalah pelanggaran hak cipta memang sempat dianggap menjadi penyebab utama ditariknya Flappy Bird dari peredaran.

Kebanyakan gamer pasti sudah tak asing lagi dengan wujud 'pipa' yang selalu muncul di berbagai seri video game legendaris Mario Bros besutan Nintendo. Belakangan pipa ala Mario Bros itu kembali menjadi populer setelah muncul sebagai latar belakang rintangan pada game mobile fenomenal Flappy Bird.

Di industri game, biasanya hal seperti ini bisa menjadi masalah terkait pelanggaran hak cipta. Namun pihak Nintendo yang diwakili juru bicara perusahaan Yasuhiro Minagawa pada sebuah sesi wawancara dengan The Wall Street Journal mengatakan, pihaknya tidak akan mempermasalahkan desain latar belakang rintangan pada Flappy Bird.

"Seperti biasanya kami (Nintendo) tidak akan mengomentari isu atau spekulasi yang beredar. Kami membantah dengan tegas spekulasi yang beredar itu dan tidak pernah melayangkan protes atas kesamaan desain pada Flappy Bird dan Mario Bros," kata Yasuhiro seperti yang dilansir laman Mac Rumors, Selasa (11/2/2014).

Sebelumnya masalah pelanggaran hak cipta memang sempat dianggap menjadi penyebab utama ditariknya Flappy Bird dari peredaran. Selain Mario Bros, sebagian pihak juga menilai game mobile besutan Dong Nguyen itu juga mencontek game berjudul Piou Piou. Sebuah game berbasis Flash yang bisa dimainkan via Facebook di platform PC yang telah hadir sejak 2009 lalu.

Namun Dong Nguyen melalui akun Twitter pribadinya (@dongatory) menyatakan masalah pelanggaran privasi bukanlah pemicu utama penarikan Flappy Bird. Nguyen lebih memilih alasan tak suka dengan popularitas. Ia mengaku kehidupan privasinya terganggu dengan ekspos media yang terlalu berlebihan.

Baca juga:
5 Alasan Game Flappy Bird Ditarik dari Peredaran
iPhone 5S Berisi Flappy Bird Dijual Rp 730 Jutaan di eBay
Flappy Bird Sudah Tak Bisa Di-download, Permainan Berakhir
Flappy Bird Versi Kloningan Nongol di Windows Phone
Mendadak Populer, Flappy Bird Cuma Beruntung Saja!

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.