Sukses

Sebentar Lagi, `Robot Murah` Akan Berperilaku Layaknya Manusia

Hampir semua yang dilakukan manusia, nantinya dapat dilakukan oleh robot generasi baru yang lebih canggih.

Saat ini kita tengah berada di era baru, di mana robot diprediksi akan dapat melakukan apa yang manusia lakukan. Berkaitan dengan hal tersebut pendiri perusahaan kenamaan Dyson, Sir James Dyson mengungkapkan bahwa dirinya tengah mengembangkan perangkat rumah `berotak` robot dengan harga murah yang mampu melakukan pekerjaan rumah.

"Sebuah robot generasi baru dapat memahami dunia di sekitar mereka, yang mana akan dapat membersihkan rumah, membuang sampah, dan bahkan dapat melindungi rumah dari penyusup," kata Sir James, seperti dikutip dari The Telegraph, Selasa (11/2/2014).

Dalam sebuah wawancara dengan Sunday Times, ia mengatakan hampir semua yang dilakukan manusia, nantinya dapat dilakukan oleh robot generasi baru yang lebih canggih. "Kuncinya adalah robot mampu berperilaku layaknya manusia. Cara pandang jauh ke depan adalah kunci utamanya," tambah Sir James.

Dyson sendiri saat ini tengah bersaing dengan perusahaan-perusahaan Jepang untuk menjadi perusahaan pertama yang menciptakan robot rumah tangga generasi terbaru.

Minggu ini Sir James mengumumkan investasi sebesar 5 juta poundsterling atau sekitar Rp 100 milyar untuk mengembangkan laboratorium robotika terbaru di Imperial College London.

Proyek itu bertujuan untuk menciptakan sistem penglihatan yang dikenal sebagai lokalisasi silmultan dan sistem pemetaan - memungkinkan robot untuk melihat dan berinteraksi dengan lingkungan mereka seperti yang biasa dilakukan oleh manusia.

Jika proyek itu berhasil, robot dipastikan dapat melaksanakan semua pekerjaan rumah layaknya manusia. Mirip dengan teknologi Artificial Intelligence (AI) yaitu kecerdasan buatan yang membuat sebuah mesin dapat melakukan apapun yang diinginkan sang perancang.

"Anda nantinya dapat menyuruh mereka untuk membersihkan jendela. Mereka akan tahu di mana jendela itu berada, tahu bagaimana cara untuk membersihkan jendela, dan tahu kapan pekerjaan itu akan selesai" tutup Sir James.


Baca juga:
Fokus di Bobot Ringan, Universal Robot Punya Pasar Sendiri
Dianggap Potensial, Manufaktur Robot `Serang` Indonesia
Hacker Jenius Yang Menggemparkan Dunia


* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.