Sukses

Dong Nguyen Ungkap Alasan Flappy Bird Ditarik dari Peredaran

Dong Nguyen mengkonfirmasi bahwa masalah pelanggaran hak cipta bukanlah penyebab ditariknya Flappy Bird seperti yang ramai diwartakan.

Penarikan game mobile fenomenal Flappy Bird dari toko aplikasi Google Play Store dan Apple AppStore manyisakan banyak pertanyaan. Setelah sekian lama menunggu, akhirnya dalam sebuah wawancara eksklusif dengan Forbes, sang pencipta Flappy Bird, Dong Nguyen, mengungkapkan alasan sebenarnya kenapa ia memutuskan untuk menarik game besutannya itu dari toko aplikasi.

Kepada Forbes Nguyen menjelaskan bahwa penerimaan mayoritas pengguna terhadap Flappy Bird sudah tidak sesuai dengan apa yang ia harapkan. Saat merilisnya, Nguyen mengaku Flappy Bird dirancang hanya untuk mengisi waktu luang, dimainkan selama beberapa menit di waktu santai. Namun akhirnya, game tersebut justru semakin populer dan adiktif. Nguyen merasa ada yang salah dan berbahaya dengan kondisi itu.

"Awalnya Flappy Bird didesain hanya untuk dimainkan beberapa menit di waktu santai, tapi game ini malah membuat kecanduan para pemainnya. Aku rasa hal itu akan menimbulkan masalah. Untuk menyelesaikannya, yang terbaik adalah dengan menarik (Flappy Bird) dari toko aplikasi. Untuk selamanya," ungkap Nguyen seperti yang dilansir laman BGR, Rabu (12/2/2014).

Pada kesempatan itu pun Nguyen mengkonfirmasi bahwa masalah pelanggaran hak cipta bukanlah penyebab ditariknya Flappy Bird seperti yang ramai diwartakan belakangan ini. Ia juga mengklaim dirinya sangat yakin dengan apa yang dilakukannya dan tidak akan pernah menyesal.

"Saya pikir ini (penarikan Flappy Bird) bukanlah sebuah kesalahan. Saya telah mempertimbangkannya dengan matang," ujarnya.

Meski mengaku Flappy Bird telah menjadi sumber penghasilan yang sangat menjanjikan dengan keuntungan hingga USD 50 ribu atau sekitar Rp 608 juta setiap hari, sayangnya Nguyen justru merasa saat ini tidak dapat menikmati hidup seperti sebelumnya. Ekspos media yang terlalu berlebihan dan sikap 'gila' para penggemarnya diakui menjadi beban tersendiri bagi Nguyen.

Dan bagi para penggemarnya yang kecewa, Nguyen menyarankan mereka untuk mencoba sejumlah game kloningan Flappy Bird yang kini ramai beredar di toko aplikasi seperti Flappy Plane, Flappy Whale, Flappy Penguin dan Flappy Angry Bird.

Baca juga:
6 Game Alternatif Pengganti Flappy Bird
Penggemar Marah, Pencipta Flappy Bird Diancam Dibunuh
5 Alasan Game Flappy Bird Ditarik dari Peredaran
Flappy Bird Sudah Tak Bisa Di-download, Permainan Berakhir
Flappy Bird Versi Kloningan Nongol di Windows Phone

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.