Sukses

#PrayForKelud Jadi Trending Topic di Twitter

Bencana ini langsung menjadi bahan perbincangan hangat di Twitter. Hashtag PrayForKelud (#PrayForKelud) masuk dalam daftar trending topic.

Gunung Kelud baru saja meletus pada Kamis (13/2/2014) malam sekitar pukul 22.50 WIB. Sebelum meletus, gunung tersebut mengeluarkan beberapa kali dentuman disertai dengan beberapa kilatan.

Bencana ini pun langsung menjadi bahan perbincangan hangat di media sosial Twitter. Hashtag PrayForKelud (#PrayForKelud) masuk dalam daftar trending topic di microblogging berlogo burung biru itu.

Berdasarkan pantauan tim Tekno Liputan6.com, lini masa Twitter hingga Jumat (14/2/2014), pagi ini masih disibukkan dengan berbagai update tentang keprihatinan terkait musibah Gunung Kelud yang terjadi di Kabupaten Kediri, Jawa Timur.

"Indonesia let's pray together! for our motherland for our people.. Allah please give us your blessing," tulis pemilik akun @sigit_ms.

Beberapa dari mereka bahkan menyinggung soal perayaan Hari Kasih Sayang yang kiranya tidak penting untuk dirayakan di tengah musibah ini. Salah satunya adalah pemilik akun  @brillianty_tsya, yang berkicau "Forget about valentine's day. Its the time for us to pray for the victims of Mt. Kelud's eruption."

Selain itu, ada juga dari mereka yang memberikan berbagai update informasi terkini terkait lokasi dan kondisi bencana yang terjadi di beberapa wilayah di Kediri dan Sekitarnya. "Solo uda tertutup abu: #PrayForKelud at The Royal Surakarta Heritage," kicau pemilik akun @wisnu_saputra88.

Menurut informasi, sejak tadi malam letusan Gunung Kelud mulai berdampak kepada warga Kediri. Beberapa daerah hingga di kawasan Kota Pare, Kediri mulai dilanda hujan kerikil. Sementara itu, ribuan warga di lereng Kelud telah memadati jalan menuju tempat evakuasi.

Bahkan abu vulkanik akibat letusan Gunung Kelud mencapai wilayah Magelang, Jawa Tengah. Abu Gunung Kelud juga menutup kawasan wisata Candi Borobudur. Akibatnya, aktivitas pariwisata di Candi Borobudur ditutup sementara.  

Bandara Internasional Adi Sumarmo Solo, Jawa Tengah juga ditutup akibat abu Gunung Kelud yang membuat jarak pandang sangat terbatas. Jarak pandang di Solo pada pagi ini hanya 25 meter, sementara ketebalan abu di Solo mencapai 1-3 centimeter.


Baca juga:
Kelud Meletus, Jarak Pandang Pengendara di Klaten Hanya 5 Meter
Bandara Surabaya, Solo, Yogyakarta Ditutup Akibat Letusan Kelud
Hujan Abu Erupsi Kelud di Surabaya, Jarak Pandang Sangat Terbatas

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.