Sukses

Jangan Terprovokasi Pesan Hoax Letusan Gunung Kelud di BBM

Di layanan chatting BBM beredar pesan broadcast yang menyebut bahwa dua jam lagi akan terjadi letusan susulan sejauh 20 km dan gempa.

Hujan abu menyelimuti sejumlah kota di Jawa Timur dan Jawa Tengah menyusul meletusnya Gunung Kelud pada Kamis (13/2/2014) malam kemarin. Di tengah bencana yang terjadi, sayangnya masih saja ada pihak yang tak bertanggung jawab menyebarkan kabar burung alias hoax melalui layanan media sosial.

Di layanan chatting BlackBerry Messenger (BBM) beredar pesan broadcast yang menyebut bahwa dua jam lagi akan terjadi letusan susulan sejauh 20 km dan gempa. Pesan yang beredar luas ini membuat masyarakat resah.

"Info dari BMG 2 jam lagi ada letusan susulan status AWAS II, diperkirakan letusan sejauh 20 km dari pusat magma dan diperkirakan terjadi gempa 6 sampai 8 skalalighter. Dan setelah ini lampu akan dipadamkan total untuk wilayah kediri. Lahar dingin mengalir sampai Kademangan Blitar hati2 untuk daerah alirah lahar, hujan abu dan suara gelegar letusan sampe solo dan klaten, sedangkan daerah kota pare kediri ke utara di selimuti bau belerang yg menyengat. Tolong sebarkan kabar ini ke sanak keluarga anda. Info : http//www.BMKG.co.id," demikian bunyi pesan hoax yang beredar.

Terkait informasi letusan susulan Gunung Kelud, Kepala Pusat Data Informasi dan Humas BNPB, Sutopo Purwo Nugroho memperkirakan tidak akan terjadi erupsi susulan yang lebih besar dari sebelumnya. Namun demikian, saat ini erupsi memang masih berlangsung namun sudah menurun intensitasnya. Tremor-tremor juga masih terus berlangsung.

"PVMBG memprediksikan kemungkinan tidak akan terjadi erupsi besar lagi seperti erupsi yang terjadi pada Kamis pukul 23.30 WIB. Erupsi pertama pukul 22.50 WIB, kemudian disusul erupsi besar 23.30 WIB," kata Sutopo melalui pesan elektroniknya, Jumat (14/2/2014).

Gunung Kelud mulai meletus pada Kamis malam, sekitar pukul 22.55 WIB. Letusan berikutnya terjadi pada pukul 23.00 WIB dan 23.23 WIB. Letusan besar terjadi pada pukul 23.29 WIB. Kemudian disusul hujan batu ke Pare, Kediri. 

Baca juga:
Telkomsel Kerahkan 15 Unit Genset Mobile di Sekitar Erupsi Kelud
Dua BTS XL di Radius 10 KM Dari Gunung Kelud Tak Beroperasi
Warga Berbagi Foto Letusan Gunung Kelud di Twitter
#PrayForKelud Jadi Trending Topic di Twitter





* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini