Sukses

Telkomsel Kerahkan 15 Unit Genset Mobile di Sekitar Erupsi Kelud

Untuk mengantisipasi BTS yang terganggu karena terhambatnya aliran listrik PLN, Telkomsel mengerahkan 15 unit genset portable dan mobile.

Pasca meletusnya Gunung Kelud Kamis malam kemarin (13/2/2014) di Kediri, Jawa Timur, jaringan telekomunikasi dikeluhkan mengalami gangguan di beberapa titik. Laporan ini disampaikan warga via Twitter.

"Sinyal jaringan telepon kami coba mengontak beberapa temen jaringan COMBINE di wilayah Kelud, semuanya drop. Mengalami gangguan. #infokelud," tulis komunitas Combine di Yogjakarta melalui akun Twitter ‏@CombineRI.

Namun menurut pantauan pihak Telkomsel, hingga hari ini pukul 11.00 WIB jaringan mereka masih berfungsi normal pasca letusan Gunung Kelud Kamis malam.

"Sampai saat ini semuanya masih oke, BTS kita masih ON," kata Vice President Corporate Communications, Adita Irawati yang dihubungi melalui telepon hari ini, Jumat (14/2/2014).

Adita menambahkan secara umum, khususnya di Jawa Timur tempat utama lokasi bencana tidak terdapat gangguan berarti pada jaringan Telkomsel sehingga pelanggan tetap dapat melakukan komunikasi voice, SMS & data seperti biasa.

BTS (Base Transceiver Stations) Telkomsel yang berada dalam radius lokasi erupsi diklaim tidak terkena dampak langsung letusan gunung. Namun untuk mengantisipasi BTS-BTS yang terganggu karena terhambatnya aliran listrik PLN, Telkomsel mengerahkan 15 unit genset portable dan mobile.

Untuk pelayanan, semua sentra pelayanan masih beroperasi secara normal, termasuk Grapari Kediri yang berada di sekitar lokasi Gunung Kelud. 

Untuk percepatan penanggulangan bencana, Telkomsel akan menyiagakan unit siaga bencana TERRA (Telkomsel Emergency Response & Recovery Activity). Di lokasi-lokasi pengungsi di Kediri dan Blitar, Telkomsel akan mengerahkan Mobile GraPARI dan membuka posko telepon gratis untuk para pengungsi.

Telkomsel juga menyediakan kartu dan pulsa gratis kepada para pengungsi dan masyarakat yang terkena dampak letusan Gunung Kelud. Di samping itu Telkomsel juga memberi kesempatan kepada pelanggan untuk turut memberikan donasi kepada para korban bencana di tanah air melalui Donasi *811# dengan pilihan donas Rp 1000, Rp 5.000, Rp 10.000, dan Rp 25.000 yang akan disalurkan melalui PMI Pusat.


Baca juga:
Dua BTS XL di Radius 10 KM Dari Gunung Kelud Tak Beroperasi
Jangan Terprovokasi Pesan Hoax Letusan Gunung Kelud di BBM
Warga Berbagi Foto Letusan Gunung Kelud di Twitter
#PrayForKelud Jadi Trending Topic di Twitter



* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.