Sukses

Dua BTS XL di Radius 10 KM Dari Gunung Kelud Tak Beroperasi

Catu daya listrik yang dimatikan PLN menjadi penyebab tidak beroperasinya dua BTS XL tersebut.

Gunung Kelud yang berada di Jawa Timur mengalami erupsi pada Kamis malam (13/2/2014) sekitar pukul 22.50 WIB. Letusan salah satu gunung berapi di Indonesia ini memberikan dampak pada berbagai sektor kehidupan masyarakat di sekitar lokasi.

Salah satu yang terkena imbasnya adalah layanan telekomunikasi. Public Relation Manager PT XL Axiata Tbk Henry Wijayanto menjelaskan, ada dua perangkat BTS (base transceiver station) milik XL yang tak beroperasi sementara waktu di sekitar Gunung Kelud. Catu daya listrik yang dimatikan PLN menjadi penyebab matinya dua BTS XL tersebut.

"Dua BTS mati di radius 10 KM karena listrik yang terpaksa dimatikan PLN. Kami sedang berupaya untuk kembali menghidupkan BTS itu dengan tenaga genset, tim teknis sudah siap mengambil tindakan," kata Henry yang Tim Tekno Liputan6.com hubungi melalui saluran telepon, Jumat (14/2/2014).

Meskipun begitu Henry mengklaim bahwa layanan komunikasi yang disediakan XL di sekitar lokasi bencana gunung meletus di Jawa Timur itu sampai saat ini masih berjalan dengan normal. Secara total ada 37 BTS milik XL di radius 30 KM dari Gunung Kelud.

"XL punya 37 BTS (base transceiver station) yang ada di radius 30 KM dari Gunung Kelud, secara umum masih berjalan secara baik dan bisa menangani semua layanan komunikasi baik telepon, sms ataupun data," tambah Henry.

XL pun mengaku sedang mempersiapkan bantuan untuk warga yang ada di sekitar lokasi bencana. Bantuan berupa layanan telepon dan charger ponsel gratis, penyediaan pulsa, dan berbagai kebutuhan yang sangat dibutuhkan masyarakat akan disediakan XL melalui corporate social responsibility (CSR).


Baca juga : 
Telkomsel Kerahkan 15 Unit Genset Mobile di Sekitar Erupsi Kelud
Jangan Terprovokasi Pesan Hoax Letusan Gunung Kelud di BBM
Warga Berbagi Foto Letusan Gunung Kelud di Twitter
#PrayForKelud Jadi Trending Topic di Twitter

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini