Gunung Kelud Erupsi, 33 BTS Indosat Tak Beroperasi

  • Telko
  • 0
  • 14 Feb 2014 15:30

Gunung Kelud mengalami erupsi besar Kamis malam kemarin. Letusan Gunung Kelud ini menyebabkan layanan komunikasi terganggu di sejumlah titik.

Semburan lahar panas dan abu vulkanik dari Gunung Kelud mempengaruhi layanan yang disediakan oleh operator telekomunikasi. Kondisi yang tak memungkinkan memaksa PLN harus memutuskan catu daya dan pasokan listrik ke sekitar gunung berapi yang sedang mengamuk.

PT Indosat pun ikut terkena imbasnya. Indosat mengaku ada 33 base transceiver station (BTS) milik mereka di kaki Gunung Kelud yang mati akibat terhentinya pasokan listrik.

Division Head Public Relations Indosat, Adrian Prasanto menjelaskan tim teknis Indosat saat ini sedang berusaha menangani masalah tersebut dengan mendistribusikan genset.

"Matinya BTS karena pasokan listrik bukan teknis, jadi seharusnya lebih cepat bisa ditangani. Kami usahakan segera distribusikan genset, cuma waktunya masih belum bisa ditentukan mengingat kondisi di sekitar lokasi Gunung Kelud yang masih tertutup dan bahaya," kata pria yang akrab disapa Pras itu saat dihubungi melalui saluran telepon, Jumat (14/2/2014).

Pras juga mengaku Indosat memiliki 60 BTS di sekitar lokasi letusan. BTS yang masih dapat beroperasi dengan posisi yang tak jauh dari lokasi BTS yang mati sudah diatur untuk membantu pasokan jaringan yang dibutuhkan agar layanan komunikasi lewat sms, telpon dan layanan data masih bisa terus berjalan secara normal.

"Sejauh ini layanan kami masih normal seperti biasa. Selain berusaha mengatasi masalah BTS yang mati, kita juga sudah siapkan langkah antisipasi bila kondisi yang lebih buruk terjadi, tapi semoga aman saja ya," tambah Pras lagi.

Selain berusaha menyediakan layanan komunikasi yang baik, Indosat mengklaim perusahaannya sudah menyediakan bantuan yang akan dikirim kepada warga masyarakat di sekitar Gunung Kelud. Bantuan berupa layanna komunikasi gratis, charge ponsel gratis, air bersih, dan kebutuhan pokok lainnya akan disediakan sebagai program corporate social responsibility (CSR) perusahaan.


Baca juga : 

Dua BTS XL di Radius 10 KM Dari Gunung Kelud Tak Beroperasi 
#PrayForKelud Jadi Trending Topic di Twitter
Kelud Meletus, Jarak Pandang Pengendara di Klaten Hanya 5 Meter
Bandara Surabaya, Solo, Yogyakarta Ditutup Akibat Letusan Kelud

Credit: Dewi Widya Ningrum


Related Articles
Comments 0
Sign in to post a comment
Terpopuler