Sukses

Hati-hati! Marak Pencurian Mobil Bermodus `Radio Jammer`

Selain mengganggu fungsi remote, radio jammer juga mampu merusak alarm mobil Anda.

Sebuah modus baru pencurian mobil yang memanfaatkan teknologi canggih terungkap. Ramai dikabarkan bahwa kini para pelaku pencuri mobil menggunakan sebuah perangkat yang populer dengan sebutan 'radio jammer'.

Cara kerja alat ini sebenarnya cukup simpel. Menurut laman Hackaday, Sebuah perangkat radio jammer diciptakan untuk mengacaukan frekuensi dalam upaya mengganggu kinerja remote dan alarm mobil. Dengan begini, pemilik akan kesulitan mengunci pintu mobil dengan menggunakan remote.

Umumnya para pemilik mobil akan mengira bahwa baterai remote mereka lemah dan memilih untuk mengunci pintu dengan cara manual. Padahal secara tidak disadari sebenarnya mobil Anda telah terkena dampak radio jammer dari pelaku yang berada tidak jauh dari lokasi Anda memarkirkan mobil.

Selain mengganggu fungsi remote, radio jammer juga mampu merusak alarm mobil Anda. Ini artinya, mengunci mobil secara manual juga tidak akan mencegah terjadinya pencurian.

Ada baiknya Anda tetap berwaspada dengan menggunakan kunci ganda pada stir mobil dan tidak meninggalkan barang-barang berharga di dalam mobil.

Apa itu radio jammer?

Radio Jammer didesain untuk memotong sinyal dan alarm dari berbagai perangkat yang memancarakan frekuensi radio. Bentuknya, berupa alat kecil yang bisa dibawa dengan mudah dan memiliki jangakuan hingga radius 15 meter.

Sebelumnya perangkat jenis radio jammer kerap digunakan di sejumlah negara untuk mengganggu frekuensi radio asing agar suara siaran radionya tidak dapat terdengar dengan jelas.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini