Sukses

Pembuat Game Candy Crush Segera Melantai di Bursa

Saat melantai di bursa nanti, saham King akan diperdagangkan di New York Stock Exchange (NYSE) di bawah simbol "KING".

Rencana King Digital Entertainment, developer asal London yang membuat video game Candy Crush Saga, untuk menjadi perusahaan publik tampaknya bukan hanya sekedar rumor. King disinyalir telah mengajukan dokumen-dokumen kepada USSEC (United States Securities and Exchange Commission) untuk segera go public.

Sayangnya hingga saat ini belum diketahui berapa banyak saham yang akan ditawarkan perusahaan kepada publik, termasuk harga dan kapan tepatnya mereka akan go public.

Saat melantai di bursa nanti, saham King akan diperdagangkan di New York Stock Exchange (NYSE) di bawah simbol "KING". Menurut yang dilansir Pocket-lint, King kabarnya berencana mendapatkan investasi sebesar US$ 500 juta melalui IPO (Initial Public Offering) tersebut.

King berhasil mengantongi pendapatan $ 1,9 milyar tahun 2013, naik dari $ 164 juta pada tahun 2012 dan $ 63,9 milyar pada tahun 2011. Keuntungan yang diperolehnya juga melonjak menjadi $ 567,6 juta pada tahun 2013.

Cnet melansir bahwa King memiliki lebih dari 180 game, namun game yang paling digemari adalah Candy Crush Saga. Game itu menurut perusahaan memiliki basis pengguna sekitar 93 juta pengguna setiap harinya. Game kedua King yang populer adalah Pet Rescue Saga, dengan 15 juta basis pengguna harian.

Mampukah King meyakinkan investor bahwa mereka bisa mengeruk keuntungan? Sebab, permasalahan utama pada game casual adalah ketika basis penggunanya tumbuh cepat dan besar, sejarah menunjukkan bahwa game tersebut bisa turun pamor dengan cepat karena gamer sudah menemukan game baru lainnya yang lebih asyik.

Candy Crush merupakan salah satu game fenomenal selain Angry Birds yang menjadi game paling laris di Google Play Store dan Apple AppStore. Sebelum menyambangi perangkat mobile game ini lebih dahulu diluncurkan di Facebook pada April 2012, menyusul di perangkat mobile pada tujuh bulan setelahnya.

Baca juga:
Game Candy Crush Tembus 500 Juta Download
5 Alasan Game Flappy Bird Ditarik dari Peredaran
Patenkan Kata `Candy`, Pembesut Candy Crush Saga Dimusuhi

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.