Sukses

Juhu Singkah Lezat dari Palangkaraya

Juhu Singkah adalah makanan khas masyarakat Dayak, Kalteng. Makanan yang terbuat dari umbut rotan ini lebih lezat bila dipadukan dengan ikan betok.

Liputan6.com, Palangkaraya: Juhu Singkah adalah makanan khas masyarakat Dayak, Kalimantan Tengah, yang sangat lezat. Makanan ini bisa dijumpai di Kota Palangkaraya, Kalteng. Makanan yang terbuat dari umbut rotan ini lebih lezat bila dipadukan dengan ikan betok. Umbut rotan diperoleh warga dengan mencarinya di sekitar hutan tempat mereka tinggal.

Seperti dilakukan Aryani, warga setempat. Ia bersama saudaranya menyisir pinggiran hutan mencari batang rotan menggunakan sampan kecil. Bagi sebagian masyarakat Dayak, mencari singkah atau umbut rotan adalah pekerjaan sehari-hari. Dengan cekatan Aryani memotong dan membuang durinya. Di rumah, Aryani mengupas rotan muda ini untuk diambil umbutnya yang berwarna putih dan terasa lembut. Inilah yang akan dijadikan menu juhu singkah.(AIS)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini