Sukses

Discovery Bertolak Pulang

Pesawat ulang-alik Discovery mengakhiri misi di stasiun luar angkasa internasional dan bertolak pulang menuju bumi.

Liputan6.com, Florida: Pesawat luar angkasa Discovery melepaskan diri dari stasiun luar angkasa internasional dan bertolak menuju bumi, Selasa (8/9). Jika tidak ada kendala, Discovery akan tiba di bumi pada Kamis mendatang. "Semoga selamat dalam perjalanan pulang," ujar astronot Michael Barrat.

Sebelum pulang, pilot Kevin Ford sempat membawa Discovery berkeliling stasiun untuk mengambil beberapa foto. Ia dan beberapa awak lainnya memeriksa sejumlah kerusakan di badan pesawat. "Misi NASA masih jauh dari selesai," kata pimpinan tim manajemen misi, LeRoy Cain.

Enam astronot harus tetap tinggal di stasiun luar angkasa, termasuk penghuni baru Nicole Stott yang harus menetap hingga November. Tak lama lagi, stasiun yang didanai oleh banyak negara itu akan kedatangan kapal kargo Jepang terbaru. Lalu menyusul setelahnya pesawat Soyuz asal Rusia yang akan tiba pada awal Oktober. Sementara pada November pesawat shuttle Atlantis akan meluncur dengan membawa sejumlah peralatan.

Seperti dilansir Associated Press, pembangunan stasiun luar angkasa internasional kini sudah mencapai 84 persen dengan bobot total sekitar 355.000 kilogram. NASA berharap stasiun ini akan selesai pada akhir 2010 atau awal 2011.(AND)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.