Sukses

Skimmer, Perekam PIN Nasabah

Skimmer merupakan alat yang bekerja dengan kamera tersembunyi untuk merekam nomor pin ATM nasabah bank.

Liputan6.com, California: Skimmer merupakan alat yang dapat mencatat nomor personal identification number (PIN) kartu nasabah melalui anjungan tunai mandiri (ATM). Alat itu bekerja dengan kamera tersembunyi. Dan, alat itulah yang sewaktu-waktu bisa membobol rekening para nasabah melalui ATM.

Skimmer ditemukan pada 6 Desember 2009, ketika seorang pengguna ATM Citibank di Woodland Hills, California, melakukan transaksi. Ia sadar bahwa kartu ATMnya telah dipindai dan nomor PINnya direkam melalui kamera yang melekat di lubang ATM.

Biasanya, skimmer terletak pada slot tempat memasukkan kartu ATM. Karena, kamera tersembunyi bida diletakkan di dalam lubang kecil itu, sekaligus merekam seluruh transaksi perbankan melalui ATM. Termasuk, ketika nasabah memasukkan nomor PIN.

Karena itu, berhati-hatilah melakukan transaksi melalui ATM. Ada baiknya, Anda pun memperhatikan tips aman bertransaksi melalui ATM [baca: Teliti Saat Bertransaksi di ATM].(IDS/SHA)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.