Sukses

Ini Alasan WhatsApp Mau Dipinang Facebook Ketimbang Google

Google diketahui juga sempat tertarik menawar WhatsApp dengan harga yang lebih rendah yakni USD 10 miliar atau Rp 118,2 triliun.

Liputan6.com, California Sebelum resmi mengakuisisi WhatsApp, ternyata Facebook sempat mendapat pesaing yang tak kalah kuat. Google diketahui juga sempat tertarik untuk membeli WhatsApp dan bahkan telah melakukan penawaran.

Namun, penawaran yang diajukan Google angkanya tidak sebesar yang ditawarkan Facebook. Sumber yang dirahasiakan identitasnya kepada Fortune menyebutkan, perusahaan raksasa mesin pencarian tersebut menawar WhatsApp dengan harga yang lebih rendah yakni USD 10 miliar atau Rp 118,2 triliun.

Selain penawaran yang lebih kecil, kabarnya Google tidak menawarkan jabatan apapun untuk CEO WhatsApp Jan Koum pasca akuisisi. Sementara Facebook menawarkan jabatan dewan direksi kepada Koum.

The Information mengabarkan penawaran yang dilakukan Google sebenarnya telah dilakukan tahun lalu. Jika kata sepakat terjalin kala itu, Google bersedia melakukan pembayaran secara tunai.

Belum diketahui secara pasti alasan apa yang kemudian melatar belakangi pihak WhatsApp menolak penawaran tersebut.

Dalam penjelasan yang dirilis secara resmi kemarin, CEO Facebook Mark Zuckerberg hanya mengatakan Facebook tengah berupaya menghubungkan 1 miliar pengguna menggunakan aplikasi pesan instan kenamaan tersebut. Seperti diketahui hingga saat ini WhatsApp memiliki 450 juta pengguna aktif per bulan di seluruh dunia.

Pasca akusisi, Koum menegaskan bahwa tidak akan ada yang berubah dan WhatsApp akan tetap fokus pada pertumbuhan pengguna meski nantinya akan mengejar bisnis. Senada dengan petinggi Koum, Zuckerberg juga menyatakan Facebook tidak akan menjalankan iklan di WhatsApp.

Baca juga:

Pendiri WhatsApp, Miliarder yang Dibesarkan Kupon Makan Gratis
Saham BlackBerry Melonjak Pasca WhatsApp Dibeli Facebook
Dua Pendiri WhatsApp Masuk Daftar Miliarder Dalam Sekejap
Beli WhatsApp Rp 223 Triliun, Apa Untungnya Buat Facebook?
WhatsApp Dipinang Facebook Dengan `Mahar`Rp 223 Triliun

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.