Sukses

`Calo` WhatsApp dan Facebook Dapat Komisi Miliaran Rupiah

Sebagai 'calo' yang mengurusi kesepatan akuisisi, keduanya mendapat biaya komisi yang besar. Angkanya mencapai ratusan miliar rupiah.

Liputan6.com, Jakarta Di balik terjadinya akuisisi antara Facebook dan WhatsApp, ada lembaga konsultan yang sangat berperan penting dalam mengurusi kesepakatan akuisisi itu. Lembaga tersebut adalah Morgan Stanley yang berperan sebagai konsultan WhatsApp dan Allen & Company sebagai konsultan Facebook.

Sebagai 'calo' yang mengurusi kesepatan akuisisi, keduanya mendapat biaya komisi yang besar. Komisi yang didapat bukan sembarangan, menurut laman The Street angkanya mencapai ratusan miliar jika dikurskan ke rupiah.

Menurut perkiraan dari hasil hitung-hitungan lembaga Freeman Consulting Services, Morgan Stanley diperkirakan mendapatkan biaya komisi sekitar $ 35 juta hingga $ 45 juta (sekitar Rp 540 miliar, asumsi kurs $1 = Rp 12.000). Sementara lembaga konsultan Facebook mendapatkan biaya komisi berkisar antara $ 32 juta - $ 41 juta (sekitar Rp 492 miliar, asumsi kurs $1 = Rp 12.000).

Freeman Consulting Services adalah perusahaan yang biasanya menangani perihal merger dan akuisisi sebuah perusahaan. Saat mengakuisisi Instagram tahun 2012 lalu, Facebook diketahui tidak menyewa lembaga konsultan dari luar.

Facebook sendiri secara resmi sudah mengakuisisi WhatsApp dengan nilai kesepakatan $ 19 miliar. Nilai transaksi itu akan diberikan dalam bentuk saham Facebook senilai $ 12 miliar dan $ 4 miliar uang tunai. Dalam kesepakatan itu, Facebook juga akan memberikan tambahan uang $ 3 miliar saham terbatas kepada para pendiri dan karyawan WhatsApp dalam empat tahun depan, sehingga total nilai kesepakatan akuisisi mencapai $ 19 miliar.


Baca juga:
Pendiri WhatsApp Dulu Pernah Ditolak Kerja di Facebook
Kecewa Dibeli Facebook, Pengguna Ancam Hapus WhatsApp
Pendiri WhatsApp, Miliarder yang Dibesarkan Kupon Makan Gratis
Saham BlackBerry Melonjak Pasca WhatsApp Dibeli Facebook
Beli WhatsApp Rp 223 Triliun, Apa Untungnya Buat Facebook?
WhatsApp Dipinang Facebook Dengan `Mahar`Rp 223 Triliun

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini